KSAD Maruli Simanjuntak Pantau Latihan Menembak Roket Prajurit Yonarmed di Kebumen

Maruli cek kemantapan pasukan Yonarmed

Kebumen, IDN Times - Setelah dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak langsung menjalankan tugasnya memantau pertahanan teritorial di Jawa Tengah

Dengan didampingi Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono, Maruli mengecek kondisi latihan menembak roket tipe MLRS Astros II MK 6. 

Informasi dari Pendam IV Diponegoro Semarang, latihan menembak roket tersebut dilakukan para prajurit Yonarmed 1/Ajusta Yudha. Tempat latihannya letaknya di area latihan Ambal (Sub Dislitbangad), Kebumen. 

Baca Juga: KSAD Maruli: Saya Tak Akan Pertaruhkan TNI AD Demi Kepentingan Pemilu

1. Uji kemampuan prajurit Yonarmed tembakan roket

KSAD Maruli Simanjuntak Pantau Latihan Menembak Roket Prajurit Yonarmed di KebumenSituasi latihan menembak roket buatan Brasil di Kebumen. (IDN Times/Dok Pendam IV Diponegoro Semarang)

Kapendam IV Diponegoro Kolonel Inf Richard Harison, mengaku adanya latihan menembak roket dimaksudkan untuk menguji dan meningkatkan keterampilan tempur para prajurit Yonarmed 1/Ajusta Yudha dalam mengoperasikan alat peluncur roket MLRS Astros II MK 6 buatan Avibras Aerospacial. 

"Latihan penembakan hampir 400 roket ini menjadi momen penting untuk menguji serta meningkatkan ketrampilan prajurit dalam memberikan bantuan tembakan untuk menghancurkan sasaran musuh dari jarak jauh dalam suatu operasi gabungan," ujar Ricard dalam keterangan yang diterima IDN Times, Kamis (7/12/2023). 

2. Jaga keandalan alutsista dan prajurit Armed

KSAD Maruli Simanjuntak Pantau Latihan Menembak Roket Prajurit Yonarmed di KebumenKSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak bersama Pangdam IV Diponegoro Semarang Mayjen TNI Widi Prasetijono berjalan di lokasi latihan menembak roket. (IDN Times/Dok Pendam IV Diponegoro Semarang)

Ia berkata kemampuan menembak roket menjadi aspek krusial dalam strategi pertahanan guna menjamin kesiapan operasional sekaligus menjaga kemantapan satuan. Sehingga nantinya siap menghadapi situasi yang mungkin terjadi di masa mendatang.

Diharapkan juga bahwa melalui latihan ini, TNI AD dapat terus meningkatkan profesionalisme dan kesiapan tempur yang menjadi kunci utama dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Untuk kehadiran Pangdam dalam peninjauan tersebut menunjukkan komitmen yang kuat dalam memastikan kesiapan dan kehandalan alutsista beserta prajurit Armed selaku awak senjata," terangnya. 

3. KSAD juga laksanakan pembagian bansos

KSAD Maruli Simanjuntak Pantau Latihan Menembak Roket Prajurit Yonarmed di KebumenKSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak juga berbincang dengan warga Kebumen yang datang di lokasi latihan menembak roket. (IDN Times/Dok Pendam IV Diponegoro Semarang)

Dalam kesempatan selanjutnya, KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak sempat menyapa warga dan melaksanakan kegiatan sosial dalam bentuk Ground breaking pembangunan mushola dan fasilitas MCK serta membagikan sembako kepada warga setempat. 

Maksud dari kegiatan ini adalah sebagai wujud nyata komitmen TNI AD untuk hadir memberikan solusi untuk mengatasi kesulitan Rakyat.

“TNI AD tidak hanya hadir dalam konteks pertahanan, tetapi juga berperan aktif dalam membantu mengatasi kesulitan masyarakat. Kegiatan ini menjadi cermin dari semangat gotong-royong serta kebersamaan antara TNI AD dan Rakyat dalam membangun kebersamaan guna menguatkan kemanunggalan TNI-Rakyat,” katanya. 

Baca Juga: Kodam Diponegoro Libatkan Tim Cyber untuk Berantas Hoaks di Medsos

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya