Laka Truk Pawiyatan Luhur, Gusti Randa Selamat, Tyok Tergenjet Bak Pasir

SAR butuh proses evakuasi hampir sejam

Intinya Sih...

  • Kecelakaan truk dan minibus terjadi di tanjakan Pawiyatan Luhur, Semarang
  • Minibus tertimpa bak truk pasir, menyebabkan sopir terluka dan seorang pemotor selamat
  • Proses evakuasi korban memakan waktu hampir sejam karena posisi minibus tertimpa truk pasir

Semarang, IDN Times - Kecelakaan yang melibatkan truk pengangkut pasir dan sebuah minivhs terjadi tanjakan Pawiyatan Luhur, Kecamatan Gajahmungkur Semarang, Kamis (4/4/2024) pukul 08.00 WIB.

Akibat kecelakaan tersebut membuat minibus ringsek karena tertimpa bak truk. 

Baca Juga: Tol Semarang-Batang Bakal Dipadati 71.900 Kendaraan saat Puncak Mudik

1. Gusti Randa berhasil selamat

Laka Truk Pawiyatan Luhur, Gusti Randa Selamat, Tyok Tergenjet Bak PasirKondisi minibus ringsek tertimpa bak truk pasir. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Namun, seorang pemotor bernama Gusti Randa rupanya selamat dalam kejadian itu. Sedangkan Tyok sopir minibus terluka karena tergencet bak truk pasir. 

"Kejadian kami terima pukul 08.05, langsung kami kirimkan satu tim rescue lengkap dengan peralatan ekstrikasi karena ada satu orang terjepit akibat kecelakaan tersebut," kata Budiono, Kepala Basarnas Semarang. 

2. Truk pasir gelondor di tanjakan Pawiyatan Luhur

Laka Truk Pawiyatan Luhur, Gusti Randa Selamat, Tyok Tergenjet Bak PasirSejumlah personel SAR gabungan mengevakuasi sopir minibus. (IDN Times/Dok Humas Basarnas Semarang)

Untuk sopir truk pasir teridentifikasi bernama Hendri Prasetyo. Kecelakaan itu berawal saat truk pasir tidak kuat menanjak di jalan Pawiyatan Luhur. 

Apesnya truk nopol H 9968 AC tersebut langsung gelondor. Dan menimpa minibus dan sepeda motor yang berjalan persis dibelakangnya. 

"Gusti Randa pengendara motor berhasil menyelamatkan diri. Sehingga tidak mengalami cedera. Tapi Tyok (43) warga Banyumanik Semarang, sopir minibus Grandmax tidak sempat menghindar. Minimus yang dia bawa tertimpa bak truk muatan pasir penuh," akunya. 

3. Sopir minibus dievakuasi pakai alat ekstraksi

Laka Truk Pawiyatan Luhur, Gusti Randa Selamat, Tyok Tergenjet Bak PasirProses penyisiran Sungai Musi dalam pencarian ABK yang hilang usai insiden ledakan Jukung (Dok: Basarnas Palembang)

Tim Basarnas yang tiba di lokasi jam 08.30 WIB segera mengevakuasi korban bersama SAR gabungan. Proses evakuasi cukup sulit karena posisi minibus tertimpa truk pasir. 

Setelah truk dipindahkan, tim SAR mengeluarkan sopir dari kabin minibus memakai peralatan ekstrikasi. Tak lama, jam 09.55 sang sopir berhasil dikeluarkan dari kabin. 

"Driver berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat dan tidak mengalami cedera yang berarti, hanya lecet terkena pecahan kaca. Namun yang pemotor tetap dibawa ke Hermina Banyumanik untuk pemeriksaan medis lebih lanjut" ujarnya.

"Terima kasih untuk tim SAR atas keberhasilan evakuasinya sehingga korban selamat dan untuk masyarakat bisa lebih berhati-hati lagi dijalan terutama jika berada di belakang kendaraan yang bermuatan full, agar bisa lebih menjaga jarak untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," tuturnya. 

Baca Juga: Stok Darah PMI Jateng Tersedia 11.887 Kantong saat Arus Mudik 2024

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya