Lazismu Sediakan 20 Bus untuk Perjalanan Pemudik Kembali ke Perantauan

Lazismu dukung program pemerintah pusat

Semarang, IDN Times - Sebagai langkah memperlancar perjalanan arus balik Idulfitri 1445 Hijriyah, Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Sedekah Muhammmadiyah (Lazismu) menyediakan armada bus untuk mengakomodir keperluan para pemudik dari Jawa Tengah. Melalui Program Balik Kerja Bareng BPKH, Lazismu akan memberangkatkan para pemudik hari ini, Senin (14/4/2024).

Balik Kerja Bareng BPKH adalah program mudik bagi para perantau yang bekerja di Jakarta. 

Untuk sampai Minggu malam kemarin, pihak Lazismu masih melakukan pemantauan di lokasi setelah melakukan gladi resik. Program ini hasil kolaborasi kedua antara Lazismu dan BPKH. 

Baca Juga: Warga Jateng Diajak Sumbangkan Hewan Kurban ke Lazismu, Bisa Diolah Jadi Makanan Kaleng

1. Satu persatu e-KTP penumpang dicek ulang

Lazismu Sediakan 20 Bus untuk Perjalanan Pemudik Kembali ke PerantauanIlustrasi e-KTP (dok. IDN Times/Ita)

Direktur Pendayagunaan dan Pendistribusian Lazismu PP Muhammadiyah, Upik Rahmawati, mengungkapkan persiapannya meliputi pengecekan manifes penumpang bus sesuai data e-KTP, kesiapan dan kesehatan fisik sopir bus agar perjalanan mudik berlangsung aman dan nyaman.


"Selain persiapan tersebut, Lazismu juga sedang memfasilitasi para penerima manfaat dengan proses registrasi dan daftar ulang," ujar Upik. 

2. Lazismu juga buka layanan pusat informasi

Lazismu Sediakan 20 Bus untuk Perjalanan Pemudik Kembali ke PerantauanSejumlah pengurus Lazismu saat memasang tanda khusus pada bus yang akan dipakai untuk pemulangan para pemudik. (IDN Times/Dok Lazismu Jateng)

Upik menuturkan bila pentingnya kesiapan program ini dengan menyiapkan pusat informasi dan menangani keluhan mulai dari keberangkatan hingga tiba di lokasi tujuan masing-masing.

3. Lazismu tetap koordinasi dengan lintas sektoral

Lazismu Sediakan 20 Bus untuk Perjalanan Pemudik Kembali ke PerantauanLokasi kumpul para pemudik yang dikoordinir Lazismu Jateng. (IDN Times/Dok Lazismu Jateng)

Sementara Manajer Program Lazismu Wilayah Jawa Tengah, Kukus Tri Wijianto, menambahkan bahwa koordinasi dengan para pemangku kepentingan telah dilakukan jauh sebelumnya.


Beberapa instansi pemerintah mulai Pemkot Semarang, Polda Jawa Tengah, dan instansi kesehatan juga terlibat untuk memastikan kelancaran program ini.


Pada pelepasan peserta, beberapa tamu undangan juga dipastikan hadir, seperti perwakilan Komisi VIII DPR RI, BPKH RI, Lazismu Pusat, Kapolda Jateng, Ketua PWM Jawa Tengah, Lazismu Jawa Tengah, Walikota Semarang, dan Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah.

4. Pemudik akan diturunkan di Pulogebang dan Kampung Rambutan

Lazismu Sediakan 20 Bus untuk Perjalanan Pemudik Kembali ke PerantauanSuasana Terminal Pulo Gebang saat Mudik Lebaran 2024. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Berdasarkan agenda program Balik Kerja Bareng BPKH, Lazismu menyediakan 20 bus eksekutif untuk 960 penerima manfaat yang berasal dari seluruh daerah di Jawa Tengah. 


Selain itu, Lazismu juga akan memberikan panduan tips mudik yang aman bagi para peserta.


"Para penerima manfaat nantinya akan diturunkan di tujuan akhir seperti Terminal Pulogebang dan Kampung Rambutan Jakarta Timur, Baranangsiang Bogor, dan Poris Tangerang. Semua persiapan ini bertujuan untuk memastikan perjalanan aman dan nyaman bagi para peserta," tuturnya. 

Baca Juga: Kapolri Sebut Mudik dari Jakarta ke Jateng Bisa Ditempuh 6 Jam

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya