Libur Lebaran, Perputaran Uang di Karimunjawa Tembus Rp7 M

Tahun ini warga Karimunjawa benar-benar dapat berkah

Intinya Sih...

  • Libur Lebaran 2024 tingkatkan kunjungan ke Karimunjawa hingga 100 persen
  • Operator kapal Express Bahari operasikan tiga kali jadwal perjalanan, membawa 400-600 penumpang per trip
  • Okupansi kamar hotel dan penginapan penuh, warga lokal ketiban berkah dengan perputaran uang mencapai Rp1 miliar per hari

Jepara, IDN Times - Musim libur panjang Lebaran 2024 turut mempengaruhi penghasilan yang didapat warga Pulau Karimunjawa di Kabupaten Jepara.

Sebagai destinasi favorit bagi para wisatawan, tingkat kunjungan di Karimunjawa melonjak 100 persen sejak hari H Lebaran.

Baca Juga: Wisatawan di Karimunjawa Diminta Waspadai Angin Baratan saat Liburan Nataru

1. Kapal Express Bahari bawa 1.000 wisatawan saban hari

Libur Lebaran, Perputaran Uang di Karimunjawa Tembus Rp7 MRibuan wisatawan padati lokasi wisata Telaga Sarangan di Magetan. IDN Times/ Riyanto

Camat Karimunjawa, Mu'adz mengatakan selama libur panjang Lebaran kali ini kegiatan berwisata di Karimunjawa menjadi sangat ramai karena saban hari kapal Express Bahari rutin beroperasi tiga jadwal perjalanan.

"Untuk menyambut momen liburan panjang tahun ini operator kapal Express Bahari mengoperasikan tiga kali jadwal perjalanan. Dan masing-masing jadwal perjalanan membawa 400 sampai 600 penumpang. Jadi kalau ditotal dalam sehari wisatawan yang naik Express Bahari untuk berlibur ke Karimunjawa itu sampai 1.000 orang," kata Mu'adz kepada IDN Times, Sabtu (13/4/2024).

2. Kamar hotel dan penginapan penuh

Libur Lebaran, Perputaran Uang di Karimunjawa Tembus Rp7 MKepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah (google.com/maps/dwi weer)

Ia berkata tingginya minat wisatawan berlibur ke Karimunjawa juga ditandai dari okupansi kamar hotel dan penginapan yang saat ini sudah terisi penuh. Tercatat ada 60 hotel berbintang dan 100 penginapan kelas melati yang full booking sejak perayaan Idulfitri.

Kapasitas kamar yg tersedia baik hotel, penginapan, homestay, katanya sebesar 2.600-2.700.

"Tamu yang datang per harinya selama liburan syawal sekitar 750-1.000 orang," terangnya.

3. Sehari wisatawan bisa habiskan Rp1 miliar

Libur Lebaran, Perputaran Uang di Karimunjawa Tembus Rp7 MRaja Rental Karimunjawa (google.com/maps/Raja Rental Karimunjawa)

Bahkan, saling ramainya suasana liburan membuat masyarakat Karimunjawa ketiban berkah. Setiap warga yang menyewakan rental mobil dan motor juga laris dipesan rombongan wisatawan.

Menurut Mu'adz, dengan rata-rata uang yang dihabiskan setiap wisatawan minimal Rp1 juta, maka dalam sehari perputaran uang yang ada di Karimunjawa bisa mencapai Rp1 miliar.

"Ya diambil estimasinya aja sehari itu orang liburan di Karimunjawa menghabiskan uang sejuta. Padahal jumlah pelancong yang datang selama liburan panjang ini aja ada seribu orang. Sudah kelihatan uang yang berputar sudah Rp1 miliar per hari. Kalau kondisi ini berlangsung sampai seminggu liburan ya bisa sampai Rp7 miliar. Liburan tahun ini benar-benar bawa berkah melimpah buat kami sebagai warga lokal," akunya.

4. Wisatawan diimbau patuhi SOP

Libur Lebaran, Perputaran Uang di Karimunjawa Tembus Rp7 MPihak Balai Taman Nasional Karimunjawa bersama Polair, Lanal dan kepolisian saat memantau pergerakan wisatawan selama liburan panjang di Karimunjawa. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Lebih jauh lagi, dirinya pun menyampaikan bahwa meskipun tarif penginapan dinaikan namun tak menyurutkan niat wisatawan untuk menyewa kamar selama beberapa hari.

Adapun rata-rata tarif menginap di hotel dan penginapan Karimunjawa naik menjadi Rp100 ribu-Rp1 juta per malam. Mayoritas wisatawan yang menikmati liburan panjang berasal dari Semarang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Sumatera, sebagian Kalimantan dan beberapa rombongan backpacker dari luar negeri.

Namun, selama liburan ia mengingatkan kepada para wisatawan yang menikmati spot snorkeling untuk tetap mematuhi standar operasional prosedur (SOP). Wisatawan dilarang menginjak terumbu karang serta tidak boleh menangkap ikan di kawasan Taman Nasional Karimunjawa.

"Kami bersama Balai Taman Nasional Karimunjawa dan aparat gabungan rutin mengecek kegiatan wisatawan di lokasi konservasi. Kami harapkan agar SOP yang berlaku dipatuhi betul-betul agar ekosistem satwa lautnya tidak rusak," tegasnya.

Baca Juga: 14 Kali Ditabrak Kapal, Terumbu Karang Karimunjawa Kini Nyaris Pulih

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya