Partisipasi Pemilih Jateng 81 Persen, Tertinggi di Temanggung

KPU masih tuntaskan penghitungan suara di kecamatan

Temanggung, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah menyebutkan angka partisipasi pemilih wilayah Jawa Tengah selama kontestasi Pemilu 2024 mencapai rata-rata 81 persen.

Partisipasi masyarakat yang paling banyak menggunakan hak pilihnya saat hari H pencoblosan tanggal 14 Februari 2024 berada di Kabupaten Temanggung.

Baca Juga: Raup Suara Besar, Caleg DPD Dapil Jateng Usul Korban Banjir Direlokasi

1. Partisipasi pemilih Pemilu 2024 meningkat

Partisipasi Pemilih Jateng 81 Persen, Tertinggi di TemanggungBanyumas tidak terdapat kasus pemungutan suara ulang.(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Ketua KPU Jawa Tengah, Handi Tri Ujiono mengaku partisipasi pemilih cenderung mengalami peningkatan tahun ini karena kesadaran masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya makin tinggi. 

"Rata-rata itu kalau di kabupaten/kota angka partisipasi masyarakatnya hampir sama. Kalau dilihat secara umum jumlah partisipasi saat tahap pencoblosan Pemilu kemarin sekitar 77-81 persen. Tentu ini ada kenaikan ketimbang kontestasi tahun sebelumnya. Kalau sekarang kan di angka 80'an persen," kata Handi saat dikontak IDN Times, Senin (26/2/2024). 

2. Partisipasi terendah ada di Brebes

Partisipasi Pemilih Jateng 81 Persen, Tertinggi di TemanggungPemungutan suara ulang di TPS 14 Desa Pering (Dok.IDN Times/istimewa)

Ia menjelaskan apabila dicermati tiap kabupaten/kota, pihaknya menemukan partisipasi pemilih yang sangat rendah ada di wilayah Kabupaten Brebes. 

Meski tidak bisa merinci apa saja faktor penyebabnya, akan tetapi kondisinya berbeda jauh di Temanggung yang mana partisipasi pemilihnya justru tergolong paling tinggi dari 35 kabupaten/kota.

"Kalau yang rendah partisipasinya itu di Brebes pastinya. Terus yang paling banyak ada di Temanggung," terangnya. 

3. Proses hitung suara masih di tingkat kecamatan

Partisipasi Pemilih Jateng 81 Persen, Tertinggi di TemanggungSuasana pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 002, Kelurahan Minasa Upa, Kecamatan Rappocini, Makassar, Sabtu (24/2/2024). (IDN Times/Ashrawi Muin)

Secara umum proses penghitungan suara kini telah diproses di tingkat kecamatan. Namun ada beberapa kecamatan yang belum menuntaskan penghitungan suara karena masih mengerjakan input data secara detail. 

"Yang jelas untuk tahapan hitung suara di TPS sekarang sudah dibawa ke tingkat kecamatan. Cuman belum semua prosesnya selesai karena masih ada sejumlah kecamatan yang mengerjakan beberapa persen lagi hitung suara untuk caleg dan partai," terangnya. 

4. Ada 114 TPS sudah gelar pemungutan suara susulan

Partisipasi Pemilih Jateng 81 Persen, Tertinggi di TemanggungPetugas TPS 02 Jalan Slamet Gajahmungkur Semarang saat melayani coblosan. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Lebih lanjut, untuk pelaksanaan Pemungutan Suara Susulan di 114 TPS Kecamatan Karanganyar Demak, pihaknya mengatakan kendala yang dihadapi di lokasi ialah banjir yang terkadang masih melanda sebagian titik TPS. 

Adanya banjir juga menyebabkan partisipasi masyarakat menjadi berkurang saat mencoblos di TPS. 

"Partisipasinya memang agak berkurang ketimbang kondisi sebelumnya. Karena masih ada genangan banjir kalau terjadi hujan. Tetapi pelaksanaan pemungutan suara susulan di Demak masih bisa berjalan lancar. Antusias masyarakat juga cukup bagus," kata Handi. 

Baca Juga: Wali Kota Semarang Mbak Ita Pamit ke PDIP Gak Maju Pilkada 2024

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya