Paskibraka asal Jateng Terhindar dari Polemik Pencopotan Jilbab di IKN

Glenys tidak pakai jilbab sejak tahap seleksi

Semarang, IDN Times - Kesbangpol Jawa Tengah memastikan dua siswa yang berpartisipasi sebagai anggota paskibraka di IKN rupanya terhindar dari polemik pencopotan jilbab. Pasalnya, Glenys Lalita Aksari sebagai satu-satunya paskibraka asal Jawa Tengah sejak awal sama sekali tidak mengenakan jilbab baik saat mengikuti proses seleksi, pembekalan maupun pelatihan. 

"Walaupun sekarang kan yang lagi ramai mengenai aturan mencopot jilbab dari paskibraka yang bertugas di IKN, tetapi dari wilayah kami ada dua anggota paskibraka nasional yang tidak terpengaruh kejadian tersebut. Karena salah satunya yang perempuan sejak awal emang gak pakai jilbab," kata Kepala Kesbangpol Jawa Tengah, Haerudin kepada IDN Times, Rabu (14/8/2024). 

Berdasarkan data yang diterima Haerudin, Glenys berasal dari SMA Negeri 1 Sampang, Kabupaten Cilacap. Sedang yang satu lagi bernama Akmal Faiz Ali Khadafi yang notabene merupakan siswa SMA Negeri 4 Kota Semarang

"Jadi ada dua siswa dari Jawa Tengah yang terpilih jadi anggota paskibraka nasional. Satu dari Cilacap. Satunya lagi dari Semarang," ungkapnya. 

Dari riwayat seleksinya, Akmal dan Glenys terpilih sebagai anggota paskibraka nasional karena berpredikat siswa rangking satu di masing-masing sekolahnya. 

Akmal dan Glenys mendapat nilai sempurna saat seleksi di Jawa Tengah sehingga layak menjadi anggota paskibraka nasional. "Dari nilainya dia juga bagus, rangking satu. Dan dari tes kesehatan hasilnya mumpuni," terangnya. 

Kendati begitu, pihaknya belum mengetahui progres selanjutnya apakah keduanya ditugaskan sebagai pengibar bendera atau sebatas menjadi anggota pasukan berbaris. 

Pihaknya berpesan kepada Akmal dan Glenys untuk menjaga standar operasional prosedur (SOP) yang ditentukan panitia HUT RI Ke-79, menjaga nama baik Jawa Tengah dan tetap berkonsentrasi sampai hari H pelaksanaan upacara HUT RI Ke-79. 

"Jangan pernah melanggar SOP, tetap patuhi aturan dan semaksimal mungkin menjaga nama baik keluarga dan Provinsi Jawa Tengah," terangnya. 

Baca Juga: Muncul Petisi Imbas Dugaan Pemaksaan Lepas Hijab Paskibraka 2024

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya