Pemkab Wonosobo Dapat Bankeu Rp160 M, Bupati Afif Diminta Atasi Masalah Gizi

Nana Sudjana beri bankeu ke Kabupaten Wonosobo

Intinya Sih...

  • Pemkab Wonosobo terima bankeu senilai Rp160 miliar dari Pemprov Jawa Tengah
  • Bankeu diperuntukkan bagi lembaga pemerintah desa dan organisasi masyarakat, dengan fokus pada penanggulangan kemiskinan dan stunting
  • Program bantuan mencakup perbaikan jalan, penanggulangan gizi, desa wisata, hibah pendidikan, dan pembangunan SDM serta infrastruktur

Semarang, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo memperoleh alokasi anggaran dari bantuan keuangan (bankeu) Pemprov Jawa Tengah senilai Rp160 miliar. Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengatakan bankeu bagi Pemkab Wonosobo itu juga diperuntukkan bagi lembaga pemerintah desa dan organisasi masyarakat. 

"Kita harapkan dengan bantuan Rp160 miliar lebih ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Artinya harus tepat sasaran dan tepat waktu," kata Nana, Selasa (23/4/2024).

Baca Juga: Nana Sudjana Klaim Pra Mudik Sampai Pasca Berjalan Baik

1. Nana Sudjana sebut pengangguran di Wonosobo berkurang

Pemkab Wonosobo Dapat Bankeu Rp160 M, Bupati Afif Diminta Atasi Masalah GiziIlustrasi pengangguran. Dok. Istimewa/IDN Times

Nana mengatakan, masalah kemiskinan hingga stunting jadi sasaran prioritas pemerintah pusat. Pihaknya mendorong agar bantuan tersebut dimaksimalkan untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

Ia mengapresiasi kinerja Pemkab Wonosobo yang menunjukkan tren positif dengan menurunkan angka kemiskinan dalam kurun waktu 2021-2023 hingga mencapai 15,58 persen pada tahun 2023.

Lalu Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) terus berkurang hingga mencapai 5,32 persen pada tahun 2023.

Selain itu, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2023 mencapai 70,18 persen. Diikuti pertumbuhan ekonomi mencapai 4,3 persen.

2. Nana Sudjana perintahkan perbaiki jalan dan atasi persoalan gizi

Pemkab Wonosobo Dapat Bankeu Rp160 M, Bupati Afif Diminta Atasi Masalah GiziPj Gubernur Jateng Nana Sudjana. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Menurutnya dari total bantuan anggaran yang diberikan, dibagi ke berbagai program. Mulai dari perbaikan jalan, penanggulangan gizi, desa wisata, hibah pendidikan hingga bantuan keuangan ke desa dan yang lainnya.

3. Bupati Wonosobo akan tuntaskan persoalan daerahnya

Pemkab Wonosobo Dapat Bankeu Rp160 M, Bupati Afif Diminta Atasi Masalah GiziDinas pariwisata dan budaya wonosobo

Sedangkan, Bupati Wonosobo Afif Nur Hidayat berterima kasih atas bantuan yang diberikan Pemprov Jawa Tengah. Ia berharap program tersebut bisa ikut menyelesaikan beragam persoalan di Kabupaten Wonosobo.

"Bantuan keuangan dari Pemprov sangat bermanfaat bagi kemajuan pembangunan di tingkat kabupaten, baik dalam pembangunan SDM, infrastruktur, maupun ekonomi masyarakat," terang Afif. 

Baca Juga: Festival Balon Udara Wonosobo Dikunjungi 189 Ribu Wisatawan

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya