Penumpang Pesawat di Semarang saat Puncak Mudik Capai 113 Ribu Orang

Penumpang pesawat tidak bertambah signifikan

Semarang, IDN Times - Pengelola Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang memperkirakan jumlah penumpang pesawat terbang yang turun maupun berangkat saat momen arus mudik Lebaran 2024 mencapai 113 ribu orang. 

Jumlah penumpang pesawat saat arus mudik nanti tidak akan berbeda jauh dengan kondisi tahun lalu pada momentum yang sama. 

"Penumpang pesawat saat mudik Lebaran tahun ini memang naik tapi tidak signifikan. Jadi hampir sama dengan sebelumnya. Yaitu perkiraan kita dengan total penerbangan ada 970. Dan penumpangnya 113 ribu orang selama mudik," kata General Manajer PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Fajar Purwadidada saat pembukaan posko Lebaran di pelataran parkir bandaranya, Rabu (3/4/2024). 

 

Baca Juga: 220.943 Lembar Tiket KA di Semarang Sudah Terjual, Ini Jadwal Favoritnya

1. Ada tiga rute favorit pemudik

Penumpang Pesawat di Semarang saat Puncak Mudik Capai 113 Ribu OrangSejumlah calon penumpang pesawat terbang saat menunggu jam keberangkatan di ruang tunggu Bandara Ahmad Yani Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Sehingga, sesuai prediksinya saat arus mudik nanti ada pergerakan penerbangan 60 flight dan 7.000 penumpang per hari. 

Ia mengungkapkan penumpang pesawat sebagian besar memilih rute favorit Bandara Soekarno-Hatta-Semarang, Banjarmasin-Semarang dan Bandara Halim Perdanakusumah-Semarang. 

"Favoritnya pemudik itu untuk rute Cengkareng-Semarang, Banjarmasin-Semarang dan Halim-Semarang," tuturnya. 

2. Trafik penumpang pesawat di Bandara Ahmad Yani mulai meningkat

Penumpang Pesawat di Semarang saat Puncak Mudik Capai 113 Ribu OrangCalon penumpang pesawat terbang menunggu jam keberangkatan maskapai di Bandara Ahmad Yani Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Untuk pergerakan penumpang pesawat menjelang arus mudik sudah tampak di hari ini. Fajar berkata untuk hari ini tercatat sebanyak 6.800 penumpang dengan 58 penerbangan ketimbang kondisi normal hanya kisaran 5.000 penumpang. 

"Dan ada penambahan 15 ekstra flight per hari ini," tuturnya. 

3. Puncak mudik terjadi 6 April

Penumpang Pesawat di Semarang saat Puncak Mudik Capai 113 Ribu OrangIlustrasi penumpang naik pesawat rute Jakarta-Lombok. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Mengenai operasional posko mudik Lebaran di bandaranya diberlakukan mulai 3--18 April 2024 atau selama 16 hari. Pihaknya memprediksi momen puncak arus mudik terjadi 6 April dan puncak arus baliknya 15 April 2024.

"Oleh karena itulah kami berusaha mengoptimalkan sebisa mungkin untuk menangani lonjakan penumpang dengan berkoordinasi ke pihak maskapai. Total keseluruhan kita sudah ada penambahan 144 flight. Apalagi saat arus baliknya nanti juga ada pergerakan penumpang 8.000-9.000 orang dengan trafik jadwal pesawat sebanyak 70 flight," tutur Fajar. 

Baca Juga: Ada 56 Lokasi SPKLU Charge Mobil Listrik di Jalur Mudik Jateng-DIY

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya