Perahu Katir Alami Mati Mesin, 4 ABK Berhasil Diselamatkan di Nusakambangan

Untungnya kondisi mereka baik-baik aja

Semarang, IDN Times - Sebanyak empat anak buah kapal (ABK) berhasil diselamatkan setelah perahu katir yang mereka tumpangi mengalami mati mesin di Perairan Watu Cungur, Pulau Nusakambangan Kabupaten Cilacap.

 

Baca Juga: Matangkan Persiapan, 3 Lapas Baru Nusakambangan Bakal Dijaga Ratusan Sipir

1. Salah satu ABK minta tolong lewat SMS

Perahu Katir Alami Mati Mesin, 4 ABK Berhasil Diselamatkan di Nusakambanganilustrasi sedang mengirim SMS (unsplash.com/charlesdeluvio)

Adah Sudarsa, Kepala Basarnas Cilacap mengatakan perosnelnya semula menerima informasi dari pihak keluarga jika perahu yang digunakan empat orang untuk memancing sejak Minggu (4/2/2024) pukul 06.30 Wib tak kunjung kembali ke Dermaga Cilacap.

"Kemudian pada pukul 20.21, survivor yang merupakan ABK perahu mengirimkan informasi melalui SMS kepada keluarga bahwa perahu yang digunakan mengalami mati mesin. Sehingga meminta bantuan untuk dilakukan penjemputan," kata Adah, Senin (5/2/2024).

2. Para ABK dievakuasi ke Dermaga Daun Lumbung

Perahu Katir Alami Mati Mesin, 4 ABK Berhasil Diselamatkan di NusakambanganBeberapa ABK dievakuasi dari perairan Nusakambangan. (IDN Times/Dok Humas Basarnas Cilacap)

Proses evaluasi terhadap ABK perahu katir dikerjakan dengan melakukan penyisiran ke lokasi kejadian. Nama perahu yang ditumpangi empat ABK itu perahu katir Lancar Jaya.

Lalu tim SAR gabungan menggunakan RIB milik Lanal Cilacap untuk melacak keberadaan perahu katir tersebut.

Tak lama berselang pukul 23.15 WIB tim SAR gabungan mendapatkan informasi dari nelayan bahwa para ABK perahu katir telah dievakuasi ke Dermaga Daun Lumbung dalam keadaan selamat.

3. Daftar nama ABK yang sudah diselamatkan

Perahu Katir Alami Mati Mesin, 4 ABK Berhasil Diselamatkan di NusakambanganTim SAR gabungan memberi salam semangat sebelum mengevakuasi empat ABK perahu katir. (IDN Times/Dok Humas Basarnas Cilacap)

Adapun nama ABK yang berhasil selamat yaitu Karsono (40), Damar (42), Karjo, dan Ade yang merupakan warga Kebon Sayur Kabupaten Cilacap.

Sehingga tim SAR gabungan diberangkatkan menuju Dermaga Daun Lumbung untuk mengkonfirmasi kebenaran laporan tersebut.

Dengan telah dievakuasinya seluruh ABK dalam keadaan selamat, maka operasi SAR dinyatakan selesai.

"Seluruh unsur SAR terlibat diantaranya Basarnas Cilacap, Polairud Cilacap, Lanal Cilacap, HNSI Cilacap, keluarga dan masyarakat sekitar dikembalikan ke kesatuannya masing-masing dengan ucapan terima kasih," pungkasnya.

Baca Juga: Cegah Penyelundupan Narkoba, Densus 88 Geledah Napi Lapas Pasir Putih Nusakambangan

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya