Polda Jateng Bakal Gelar Razia Keselamatan Mulai 4 Maret

Razia digelar selama 14 hari

Semarang, IDN Times - Kepolisian Daerah Jawa Tengah akan menggelar razia keselamatan di seluruh wilayahnya selama 14 hari demi mendukung operasi secara serentak yang dilakukan Mabes Polri pada Maret 2024.

Baca Juga: Partisipasi Pemilih Jateng 81 Persen, Tertinggi di Temanggung

1. Razia keselamatan digelar 14 hari

Polda Jateng Bakal Gelar Razia Keselamatan Mulai 4 Maretilustrasi kemacetan di Jakarta (freepik.com/rawpixel.com)

Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryo Nugroho menyampaikan adanya operasi keselamatan sudah jadi agenda pihaknya dengan maksud menekan angka kecelakaan dan fatalitas.
  
"Telah ditetapkan kalender operasi keselamatan lalu lintas yang rutin dilaksanakan setiap tahun oleh Polda Jawa Tengah. Kita laksanakan selama 14 hari dari 4 Maret hingga 17 Maret 2024. Operasi yang sama juga dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Pada tahun ini  tema yang diambil adalah Keselamatan berlalu lintas guna mewujudkan Indonesia maju," terang Agus usai apel pasukannya di Simpang Lima Semarang, Sabtu (2/3/2024).

2. Wakapolda janji lakukan preventif dan edukatif

Polda Jateng Bakal Gelar Razia Keselamatan Mulai 4 MaretApel gelar pasukan Operasi Keselamatan Krakatau 2024 Polda Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Ia menjelaskan operasi keselamatan 2024 lebih mengedepankan upaya pencegahan serta meningkatkan pengetahuan masyakat terkait keselamatan berlalu lintas. 

Agus pun berjanji bila selama razia diadakan maka sebatas dilakukan langkah preventif tetapi dengan penegakan hukum yang humanis dan edukatif. 

"Jadi tujuan digelarnya operasi ini untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menurunkan angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas," papar Agus. 

3. Polda kepengin warga bersimpati terhadap Polantas

Polda Jateng Bakal Gelar Razia Keselamatan Mulai 4 MaretSeorang Polantas saat berusaha mengurai kepadatan lalu lintas di gerbang Tol Kalikangkung Ngaliyan Semarang. (IDN Times/Dok Humas Polda Jateng)

Sementara itu Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto mengatakan operasi kepolisian kewilayahan dengan sandi keselamatan lalu lintas Candi-2024 memang digelar selama 14 hari dengan jenis pemeliharaan keamanan dengan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif yang didukung dengan penegakan hukum, humas dan banops. 

"Selain itu ada juga kegiatan kepolisian lainnya guna mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas yang aman, nyaman dan selamat menjelang hari raya Idul Fitri serta meningkatkan simpati masyarakat kepada polisi lalu lintas," akunya. 

4. Diharapkan bisa tambah kepercayaan publik

Polda Jateng Bakal Gelar Razia Keselamatan Mulai 4 MaretKecelakaan tunggal bus pariwisata di kawasan Bukit Bego, Imogiri Bantul.(Dok.Polres Bantul)

Untuk secara spesifik tujuan operasi ini adalah meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, menurunkan angka rasio fatalitas korban kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas.

"Dan meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polda Jateng serta terwujudnya Commander Wish Kapolda Jateng," tandasnya. 

Baca Juga: Nekad Terobos KA yang Melintas di Semarang, 2 Pemotor Dibawa ke RS

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya