Polisi Kawal Para Pemudik yang Lewat Brebes-Rembang

Polda Jateng siagakan seluruh personel kepolisian

Intinya Sih...

  • Aparat kepolisian siap memberikan pengawalan bagi pemudik yang melintasi ruas jalan raya Kabupaten Brebes sampai Kabupaten Rembang.
  • Kapolda Jateng akan mengumpulkan pemudik selepas salat Zuhur atau Subuh di salah satu titik di Brebes, lalu melakukan pengawalan estafet per kabupaten/kota dengan titik akhir di Rembang.
  • Personel kepolisian yang sudah inset di pos pam masing-masing sebanyak 12.506 orang, bergabung dengan TNI dan stakeholder di 142 pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu seluruh Jawa Tengah.

Semarang, IDN Times - Aparat kepolisian akan memberikan pengawalan bagi para pemudik yang melintasi ruas jalan raya Kabupaten Brebes sampai Kabupaten Rembang. Proses pengawalan para pemudik dimaksudkan untuk menjaga keselamatan mereka di sepanjang jalan. 

Baca Juga: Polda Jateng Tangkap 3.579 Pelaku Kriminal, 11 Senpi Disita

1. Pemudik dikawal estafet

Polisi Kawal Para Pemudik yang Lewat Brebes-RembangPemudik mulai memadati Pelabuhan Merak, Cilegon jelang lebaran 2024 ( ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengaku untuk mengawal pemudik, pihaknya akan mengumpulkan mereka selepas salat Zuhur atau Subuh di salah satu titik di Brebes. 

"Setelah itu pengawalan secara estafet per kabupaten/kota dilakukan dengan titik akhir di Rembang," ujar Luthfi, Rabu (3/4/2024). 

2. Libatkan 12.506 personel

Polisi Kawal Para Pemudik yang Lewat Brebes-RembangKapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Brigjen Pol Agus Suryo Nugroho usai gelar pasukan di Kodam Diponegoro. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Ia juga mengemukakan pengawalan para pemudik juga dilakukan di jalur mudik Pansela dan Jawa Tengah bagian tengah. 

Terhitung hari ini, katanya personelnya yang sudah inset di pos pam masing-masing sebanyak 12.506 orang. Mereka juga bergabung dengan TNI dan stakeholder di 142 pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu seluruh Jawa Tengah. 

Meski ada pengawalan, ia tetap menyarankan kepada para pemudik untuk tidak naik sepeda motor saat pulang kampung. Sebaiknya pemudik memanfaatkan program mudik gratis yang disediakan pemerintah.


"Maka kalian (pemudik) sangat dinantikan. Jadi tetap jaga keselamatan," bebernya.

3. Akan berlakukan one way nasional

Polisi Kawal Para Pemudik yang Lewat Brebes-RembangArus mudik lebaran 2024 di Tol Tangerang - Jakarta di Pinang, Kota Tangerang (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Selain itu, pihaknya juga fokus memperhatikan pergerakan pemudik di jalur Tol Trans Jawa. Ia menegaskan Tol Trans Jawa akan diberlakukan one way nasional mulai GT Cikatama-GT Kalikangkung dari tanggal 5--9 April 2024.

Namun bila terjadi kepadatan arus yang melintas di Tol Kalikangkung, pihaknya merekayasa lalu lintas dengan memberlakukan one way lokal di Bawen atau Tingkir.

“Koordinasi dan pelaksanaan dibawah kendali Dirlantas, penerapan one way lokal menggunakan skala prioritas dengan melihat kondisi arus di Kalikangkung. Jika terjadi kepadatan akan diberlakukan hingga Bawen atau Tingkir,” terangnya.

Untuk memastikan kenyamanan pemudik yang berwisata, pihaknya menyiapkan 43 pos pengamanan.

"Prinsip kita TNI Polri dan stakeholder siap dalam rangka menjamin keamanan masyarakat yang melaksanakan mudik di Jawa Tengah," pungkasnya. 

Baca Juga: Tol Semarang-Batang Bakal Dipadati 71.900 Kendaraan saat Puncak Mudik

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya