Putra Maimoen Zubair: PPP Gagal Lolos Senayan Karena Gak Dengerin Kader

Gus Yasin beri pesan menohok ke elite PPP

Intinya Sih...

  • PPP gagal melewati parliamentary threshold 4 persen menurut KPU RI.
  • Gus Yasin menyatakan perlunya musahabah bagi elite partai untuk berbenah diri.
  • Gus Yasin menyoroti kurangnya keterlibatan pengurus pusat hingga daerah dalam mendengarkan masukan dari para kader.

Semarang, IDN Times - Hasil rekapitulasi suara yang diumumkan KPU RI tadi malam memunculkan fakta yang mengejutkan. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebagai partai tertua untuk pertama kalinya gagal melewati parlememtary threshold (PT) 4 persen. 

KPU RI memperlihatkan bahwa total perolehan suara PPP hanya 3,81 persen dan dinyatakan tidak lolos ke Senayan.

Baca Juga: Jurus Gus Yasin Raup 3 Juta Suara Calon DPD RI, Kampanye 100 Tempat

1. Pengurus PPP harus musahabah

Putra Maimoen Zubair: PPP Gagal Lolos Senayan Karena Gak Dengerin KaderMantan Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Merujuk pada perolehan suara PPP, putra mendiang ulama kharismatik asal Ponpes Al Sadang Rembang KH Maimoen Zubair, Taj Yasin Maimoen pun turut bereaksi.

Menurut Gus Yasin, sapaan akrabnya, torehan hasil Pemilu 2024 tersebut semestinya dijadikan bahan musahabah bagi elite partainya yang duduk di struktur kepengurusan DPP. 

Gus Yasin berkata sudah saatnya semua pengurus DPP, DPW sampai tingkatan terbawah berbenah diri dalam menyikapi hasil suara yang diperoleh PPP. 

"Lalu paling penting lagi bagaimana kawan-kawan PPP melakukan muhasabah, instropeksi diri apakah kerja-kerjanya sudah sesuai dengan tugas dan fungsi partai kami yang berlambang Ka'bah," kata pria yang jadi kader PPP Jateng tersebut saat dikonfirmasi IDN Times, Kamis (21/3/2024).

2. Elite PPP gak mau dengarkan masukan kader terbawah

Putra Maimoen Zubair: PPP Gagal Lolos Senayan Karena Gak Dengerin KaderPlt Ketum PPP, Mardiono bertemu dengan sejumlah petani hidroponik di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (IDN Times/Istimewa)

Ia mengatakan penyebab gagal lolosnya PPP ke Senayan lantaran para pengurus pusat hingga daerah yang jarang turun langsung ke bawah untuk mendengarkan masukan dari para kader. 

Mantan Wagub Jateng ini juga menyoroti sikap pengurus PPP yang tidak mau mendengarkan saran para kader di level terbawah dengan alasan semua keputusan ada di tingkat pusat. 

"Seolah-olah keputusan dari partai diputuskan dari atas. Jadi setiap hasil keputusan partai tidak pernah melalui proses dari kader yang menyuarakan di level bawah. Menariknya di Pemilu yang sekarang saya lihat di Jawa Tengah itu dari sekian DPRD provinsi yang jadi ini kan wajah baru nih. Mereka awalnya dari TU (Tata Usaha) DPRD. Bos-bosnya malah gak jadi. Maka ini dijadikan bahan saling merenung," tegasnya. 

3. Gus Yasin minta pengurus PPP refleksi diri

Putra Maimoen Zubair: PPP Gagal Lolos Senayan Karena Gak Dengerin KaderPlt Ketum PPP, Muhamad Mardiono, memilih bertemu dengan petani di Kabupaten Pesawaran, Lampung, dalam rangka merayakan hari lahir (harlah) ke-51 partainya (IDN Times/Istimewa)

Menurut Gus Yasin, semua pengurus struktur PPP perlu merefleksikan diri apakah selama ini sudah bekerja sesuai nilai-nilai amar ma'ruf nahi munkar. 

Ini, katanya menjadi sikap yang harus dilakukan mengingat hasil suara PPP untuk pertama kalinya tidak mampu menembus batas ambang parlemen

"Nah, apakah perjuangannya sudah sesuai dengan amar ma'ruf nahi munkar. Ini harusnya menjadi refleksi kita kenapa sampai tidak bisa melampaui batas ambang yang ditentukan oleh pemerintah," terangnya.

4. Hormati keputusan KPU RI

Putra Maimoen Zubair: PPP Gagal Lolos Senayan Karena Gak Dengerin Kaderhttps://www.instagram.com/prabowogibran___?igsh=YzljYTk1ODg3Zg==

Kendati demikian, ia mengaku tetap menghormati perolehan suara PPP yang diumumkan KPU RI. Bagi pengurus partainya yang tidak terima dengan hasil yang disampaikan KPU. 

Apabila ada data rekapitulasi suara PPP yang tidak sinkron, Gus Yasin mempersilahkan pengurus DPP untuk meminta klarifikasi ke pihak KPU RI. 

"Kalau menurut saya kita hormati rekapitulasi dari KPU. Saya juga telah membaca laporan dari DPP dan hasil akhir dari KPU. Dari DPP kalau ada data valid mengenai temuan yang tidak sinkron monggo saja diklarifikasi," bebernya. 

5. Gus Yasin ungkap pesan Mbah Moen

Putra Maimoen Zubair: PPP Gagal Lolos Senayan Karena Gak Dengerin KaderMantan Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Lebih lanjut, ia pun mengutip pesan dari mending ayahnya bila pengurus PPP mesti terus meneguhkan sikap untuk mengemban amanah kader-kader tiap daerah.

"Dan tentu kita ingat Mbah Moen (Maimoen Zubair) pernah menyampaikan partai ini harus ada dan bersikap tegas. Terutama dari pengurus yang mengemban di partai tersebut. Yang tak kalah penting lagi adalah bagaimana caranya memperjuangkan masyarakat kita, kedekatan kita dengan masyarakat harus betul-betul dirasakan semua pihak," terangnya. 

"Mestinya mereka cari tau penyebabnya kenapa kok masyarakat gak berikan suaranya sampai 4 persen," tambahnya. 

Baca Juga: Pertama Kali PPP Gagal ke Senayan, Begini Perjalanannya Selama Pemilu

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya