Satu ASN Pemprov Jateng Tidak Masuk Kerja Gegara Mudik Luar Jawa

BKD cek partisipasi para ASN tiap OPD

Semarang, IDN Times - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Tengah menyampaikan hampir seluruh aparatur sipil negara (ASN) mulai masuk kerja di hari pertama pasca libur panjang Lebaran 2024. Kepala BKD Jateng, Rahmah Nur Hayati mengatakan dirinya telah mengecek langsung kesiapan para ASN dalam menyambut hari pertama kerja setelah momentum Lebaran. 

"Hampir semuanya kita lihat di masing-masing kantor OPD sudah masuk kerja. Cuma ada satu yang putuskan cuti karena masih liburan mudik di luar Jawa," kata Rahmah kepada IDN Times, Selasa (16/4/2024). 

Baca Juga: Pemudik Berburu Buah Tangan, Berkah Bagi Pusat Oleh-Oleh di Jateng

1. Sejumlah kantor OPD dicek BKD

Satu ASN Pemprov Jateng Tidak Masuk Kerja Gegara Mudik Luar Jawadetiknews

Kantor OPD yang menjadi sorotan tim BKD ialah Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan sejumlah kantor biro Setda Pemprov Jateng. 

Ia menjelaskan bagi ASN yang masih cuti di hari pertama kerja, pihaknya dapat memakluminya. Karena jarak pulang kampung yang ditempuh kemungkinan terlalu jauh. Juga karena diperkirakan belum sempat membeli tiket pesawat menuju Semarang. 

2. Partisipasi ASN hari pertama kerja cukup baik

Satu ASN Pemprov Jateng Tidak Masuk Kerja Gegara Mudik Luar JawaIlustrasi ASN. (dok. Istimewa)

Lebih lanjut, Rahmah mengemukakan tingkat partisipasi para ASN lingkungan Pemprov Jateng setelah libur Lebaran tergolong cukup baik dengan grafik kehadiran yang mengalami peningkatan. 

"Jumlah absensinya cukup baik semua kok. Tidak ada yang bolos. Maupun mangkir. Tapi untuk berapa persennya, saya harus cek data dulu. Untuk di BKD satu orang tidak masuk. Di kantor gubernuran sejumlah security juga sudah masuk kerja," terangnya. 

3. Nana Sudjana minta kedisiplinan ASN diperhatikan

Satu ASN Pemprov Jateng Tidak Masuk Kerja Gegara Mudik Luar JawaPj Gubernur Jateng Nana Sudjana, Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar dan jajaran Mabes Polri ikut meninjau arus balik Tol Kalikangkung Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto (

Sedangkan, dalam sesi apel pagi bersama para ASN di halaman kantor gubernuran, Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana mengapresiasi kedisiplinan para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov. Hampir seluruh ASN hadir saat apel tersebut, kecuali yang sakit atau sedang dinas di lapangan. 

Ia memastikan kedisiplinan menjadi perhatiannya. Apabila ditemukan pegawai yang tidak disiplin, maka pimpinan harus memberikan tindakan tegas. 

“Masalah disiplin kami utamakan. Harus kita laksanakan untuk memberikan sanksi kepada karyawan atau staf yang tidak masuk setelah cuti hari raya," ujar Nana. 

4. Harus instropeksi dan berbenah

Satu ASN Pemprov Jateng Tidak Masuk Kerja Gegara Mudik Luar JawaPara ASN di lingkungan Pemkot Semarang menandatangani deklarasi netralitas Pemilu 2024, Rabu (31/1/2024). (dok. Pemkot Semarang)

Menurut dia, hikmah Ramadan dan Idulfitri  harus menjadi pedoman bagi ASN untuk lebih meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Dengan begitu, mustinya juga berdampak positif bagi peningkatan kinerja. 

“Saya harapkan untuk terus introspeksi, kita harus berbenah. Kita rasakan memang evaluasi ini sangat penting. Kita harapkan, kita ke depan harus memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat di Jateng ini. Penekanannya itu,” terang Nana. 

Baca Juga: Arus Balik Lebaran, 900 Warga Semarang Kembali Merantau ke Jakarta

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya