Mbah Casih Tewas Tertimbun Longsor, Satu Rumah di Cilacap Rusak 

Mbah Casih meninggal dunia

Cilacap, IDN Times - Seorang nenek berusia 62 tahun bernama Casih warga RT 02/RW VI Desa Cijati Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap ditemukan meninggal dunia karena tertimpa tanah longsor. Jenazah Mbah Casih ditemukan Selasa pagi (6/2/2024) oleh tim SAR gabungan. 

Baca Juga: 2 Hari Pencarian, Satu Anak yang Terseret Ombak Pantai Jetis Cilacap Ditemukan

1. Tubuh Mbah Casih dievakuasi pakai alat manual

Mbah Casih Tewas Tertimbun Longsor, Satu Rumah di Cilacap Rusak Satu persatu kayu blandar atap rumah dipreteli sebelum mengevakuasi Mbah Casih yang tertimpa longsor. (IDN Times/Dok Humas Basarnas Cilacap)

Seorang personel Basarnas Cilacap, Fachri Achsan mengaku penemuan tubuh Mbah Casih awalnya dilaporkan warga Desa Cijati. 

Kemudian sejumlah warga berusaha bahu-membahu mengevakuasi korban menggunakan peralatan manual. "Untuk korban dievakuasi oleh masyarakat setempat menggunakan peralatan manual dan dilaporkan ke tim SAR gabungan," kata Fachri. 

Berdasarkan keterangan Basarnas Cilacap, bencana longsor melanda Dusun Garawangi Desa Cijati sejak semalam. Hujan yang mengguyur beberapa hari ini mengakibatkan tanah longsor yang menimbun satu rumah dan dikabarkan satu orang tertimbun. 

2. SAR gabungan dan TNI bantu evakuasi di lokasi kejadian

Mbah Casih Tewas Tertimbun Longsor, Satu Rumah di Cilacap Rusak Dahan pohon berukuran jumbo melintang di jalan masuk Dusun Garawangi Desa Cijati Cilacap. (IDN Times/Dok Humas Basarnas Cilacap)

Adah Sudarsa, Kepala Basarnas Cilacap mengatakan berdasar informasi dari BPBD Cilacap hari Senin jam 18.40, pihaknya langsung memberangkatkan satu regu dari Unit Siaga SAR Banyumas menuju lokasi kejadian.

"Satu regu kita berangkatkan lagi dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap untuk bergabung bersama potensi SAR yang sudah berada di lokasi kejadian sejak semalam," terangnya. 

Unsur SAR yang terlibat evakuasi di Desa Cijati antara lain Basarnas, Cilacap, TNI, Polri, pemdes, BPBD Cilacap, SAR MTA, Serayu Rescue, Celengs Rescue, Mdmc, Sigap Persis Ciamis, IEA Cilacap dan warga sekitar.

3. Regu SAR jalan kaki menuju TKP

Mbah Casih Tewas Tertimbun Longsor, Satu Rumah di Cilacap Rusak Akses jalan masuk Dusun Garawangi Desa Cijati Cilacap juga tertimbun longsor sehingga membuat tim SAR gabungan harus jalan kaki. (IDN Times/Dok Humas Basarnas Cilacap)

Upaya yang dilakukan yakni membuka jalur untuk menuju ke lokasi kejadian karena banyaknya material longsor. Tumpukan tanah longsor mengakibatkan personelnya sedikit kesulitan untuk sampai lokasi kejadian.

Dengan medan jalan yang terjal, personelnya harus berjalan kaki ke lokasi dengan membawa peralatan yang akan digunakan.

Setelah dilakukan pencarian akhirnya tim SAR berhasil menemukan korban lalu dibawa rumah keluarga korban.

"Dengan ditemukanya korban Operasi SAR dinyatakan di tutup dan semua unsur kita kembalikan ke satuanya masing-masing," tukasnya. 

Baca Juga: Capres Anies Temui Relawan di Cilacap, Singgung Perlunya Perubahan

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya