Setop Beroperasi, Bus AKAP Sindoro Satriamas Diperbaiki di Garasi Madukoro

Manajemen PO Sindoro hadapi tuntutan zaman

Semarang, IDN Times - Sejumlah bus AKAP milik PO Sindoro Satriamas menjalani perbaikan setelah berhenti beroperasi per 1 Juli 2024 kemarin. Perbaikan dikerjakan di garasi Sindoro Satriamas Jalan Madukoro Raya, Kecamatan Semarang Barat. 

Di dalam garasi terlihat sejumlah montir sibuk mengerjakan perbaikan mesin yang ada pada setiap armada bus.

"Ini ada yang diperbaiki. Mulai bemper depannya, mesin sampai mengganti kampas rem," kata seorang montir yang bertugas di garasi PO Sindoro Satriamas, Rabu (3/7/2024). 

Baca Juga: Siap-siap! Bus Sindoro Satriamas Bakal Ganti Nama Jadi Sindoro Sejahtera

1. Perbaikan butuh waktu 10 hari

Setop Beroperasi, Bus AKAP Sindoro Satriamas Diperbaiki di Garasi MadukoroSejumlah montir berkerumun di depan bus AKAP Sindoro Satriamas di garasi PO Sindoro Satriamas. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Menurut Parno, Manajer PO Sindoro Satriamas, dari total 18 bus AKAP, sementara ini ada empat bus yang diperbaiki. Perbaikan memakan waktu 10 hari. 

"Satu bus (kalau diperbaiki) paling tidak 10 hari. Itu tergantung kondisi spart partnya terus kerusakan seperti apa," tuturnya. 

Di garasi Sindoro terdapat tiga montir yang bergiliran memperbaiki armada bus yang rusak. Seluruh montir merupakan karyawan yang bertahun-tahun bekerja di PO Sindoro Satriamas.

"Ada tiga mekanik. Itu karyawan sini," terangnya. 

2. Bus AKAP sering boros perawatan

Setop Beroperasi, Bus AKAP Sindoro Satriamas Diperbaiki di Garasi MadukoroSalah satu bus AKAP Sindoro Satriamas terpakir di depan garasi Jalan Madukoro Raya Kecamatan Semarang Barat. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Biasanya perbaikan armada bus AKAP Sindoro pada bagian kampas rem, mesin pendingin atau AC dan sering mengganti ban.

"Filter wayahe ganti ya diganti. Oli juga perlu diganti. Bus AKAP ini kan lebih boros perawatan," tuturnya. 

3. PO Sindoro: Perusahaan bus punya resiko ikuti model

Setop Beroperasi, Bus AKAP Sindoro Satriamas Diperbaiki di Garasi MadukoroDua bus milik Sindoro Satriamas parkir di depan garasi PO Sindoro Satriamas Jalan Madukoro Raya. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Apabila ditilik dari sejarahnya, bus AKAP Sindoro Satriamas pertama kali beroperasi pada 2004 silam. Jauh sebelumnya PO Sindoro Satriamas sudah mengoperasikan bus pariwisata tahun 1994.

Kendati begitu, ia mengakui perusahaannya mengalami pasang surut dalam mengelola armada bus dari masa ke masa.

Bagi perusahaan otobus resiko terbesar yang harus dihadapi yaitu perlu mengikuti perkembangan model bus keluaran terbaru. 

Ia mencontohkan jika armadanya selama ini menggunakan model Jet Bus-3 (JB 3) maka dalam waktu singkat dituntut berbenah agar menggunakan armada model Jet Bus-5 (JB 5). 

"Jadi resiko perusahaan bus itu musti mengikuti perkembangan model. Sudah ada JB 3, sekarang ada JB 5 itu sangat berpengaruh. Belum lagi untuk trayek AKAP tuntutan masyarakat musti on time sampai ke tujuan. Karena pelanggannya Sindoro rata-rata pedagang dan sebagian pegawai," paparnya. 

Baca Juga: Bus AKAP Sindoro Satriamas Stop Beroperasi, Begini Nasib Sopirnya

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya