Sopir Truk Lupa Tarik Hand Rem di Kalikangkung, Polisi: Itu Membahayakan

Penindakan dilakukan PJR Jalan Tol

Intinya Sih...

  • Sopir truk lupa menarik hand rem di Tol Kalikangkung Semarang, mengancam jiwa pengguna jalan lainnya.
  • Kasatlantas Polrestabes Semarang menyatakan tindakan sopir truk tersebut sebagai kurang kehati-hatian karena berhenti di bahu jalan tol.
  • Petugas PJR Jasa Marga menangani insiden tersebut dan menyarankan pengusaha truk untuk rutin mengingatkan sopirnya agar fokus berkendara.

Semarang, IDN Times - Unit Satlantas Polrestabes Semarang menyatakan tindakan sopir truk yang lupa menarik hand rem di ruas Tol Kalikangkung Semarang merupakan sebuah kelalaian yang mengancam jiwa pengguna jalan lainnya. Seperti diketahui, rekaman video yang viral di instagram memperlihatkan sebuah truk berjalan zig-zag di turunan Tol Kalikangkung karena diduga sang sopir lupa menarik hand rem. 

Baca Juga: Viral! Sopir Jatuh Bangun Kejar Truk yang Meluncur di Tol Kalikangkung

1. Kasatlantas sebut sopir truk lalai

Sopir Truk Lupa Tarik Hand Rem di Kalikangkung, Polisi: Itu MembahayakanIlustrasi mudik ( ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Yunaldi mengatakan tindakan sopir truk tersebut merupakan kurang kehati-hatian. Karena sopir truk sebenarnya dilarang berhenti di ruas jalan tol

"Kan ada larangan berhenti di bahu jalan tol. Tapi dalam kejadian di Tol Kalikangkung jam 7 pagi tadi ada sopir truk yang tiba-tiba memberhentikan kendaraannya di pinggir tol. Tapi karena dia lalai maka kendaraannya berjalan sampai hilang kendali. Untungnya kan pas tidak ada kendaraan pribadi yang lewat berbarengan," kata Yunaldi saat dihubungi IDN Times, Kamis (18/4/2024). 

2. Kurang hati-hati berpotensi membahayakan pengguna jalan tol

Sopir Truk Lupa Tarik Hand Rem di Kalikangkung, Polisi: Itu MembahayakanSopir mengejar truk meluncur di Tol Kalikangkung. (screenshoot @lokerjateng.id)

Ia mengatakan aksi sopir truk tersebut tidak dapat dibenarkan. Karena berhenti di bahu jalan tol beresiko menimbulkan kecelakaan. Selain itu, tindakan sopir truk itu juga membahayakan pengguna Tol Kalikangkung. 

"Karena faktor kurang kehati-hatian itu maka bisa membahayakan orang lain," ungkapnya. 

3. Terjadi di dekat KM 413

Sopir Truk Lupa Tarik Hand Rem di Kalikangkung, Polisi: Itu MembahayakanAntrean kendaraan pemudik mengular di Tol Kalikangkung. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Kejadian yang dialami sopir truk tersebut sudah ditangani petugas PJR Tol Kalikangkung. Kejadian itu muncul di turunan setelah ruas KM 413 pada titik lajur Semarang arah Jakarta. 

Proses pemeriksaan terhadap sopir truk dilakukan petugas PJR Jasa Marga di Tol Kalikangkung. Pihaknya menyayangkan insiden itu karena sopir truk semestinya hanya boleh berhenti di rest area. 

"Siapa pun itu yang lewat tol hanya boleh berhenti di rest area. Karenanya setiap ada mobil atau sejenisnya mandek di bahu tol pasti langsung dihalau petugas," terangnya. 

Ia juga menyarankan kepada pengusaha truk supaya rutin mengingatkan kepada sopirnya untuk fokus berkendara agar kejadian di Tol Kalikangkung tidak terulang. 

Baca Juga: One Way Arus Balik dari Tol Kalikangkung, Pemudik Jangan Emosian

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya