Tanggapan Andika Perkasa Bakal Bersaing Dengan Ahmad Luthfi di Pilkada

Perang Bintang di Pilkada Jateng 2024

Semarang, IDN Times - Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah (Jateng) 2024 berpotensi bakal menjadi ajang 'perang' bintang yang mempertemukan purnawirawan jenderal bintang empat yakni Jenderal (Purn) Andika Perkasa dan jenderal bintang tiga Komjen Pol Ahmad Luthfi.

Usai mendaftarkan diri sebagai Calon Gubernur Jateng Andika Perkasa bicara Pilkada Jawa Tengah yang akan mempertemukan dirinya dengan Ahmad Luthfi - Taj Yasin yang bakal bersaing mendapatkan suara rakyat Jawa Tengah di Pilkada Jateng. Mantan Panglima TNI itu mengaku dirinya kenal baik dengan Ahmad Luthfi.

Baca Juga: KPU Jateng: Andika-Hendi Daftar Siang Ini, Ahmad Luthfi-Yasin Besok

1. Kenal lama dengan Ahmad Luthfi

Tanggapan Andika Perkasa Bakal Bersaing Dengan Ahmad Luthfi di PilkadaBakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Andika Perkasa-Hendrar Prihadi (IDN Times/Ilman Nafi'an)

"Yang jelas kami saling menghargai, kami secara pribadi kenal dengan Mas Luthfi cukup lama sejak 2014 dan saya tahu mas Luthfi adalah orang yang baik kemudian juga punya pengetahuan yang dalam," kata Andika Perkasa usai mendaftarkan diri sebagai bakal calon Gubernur Jawa Tengah di Kantor KPU Jateng, Selasa (27/8/2024).

Andika mengatakan dengan majunya dirinya yang didampingi Hendrar Prihadi dan Ahmad Luthfi - Taj Yasin di Pilkada Jateng bakal menjadi keuntungan bagi masyarakat Jawa Tengah. "Yang jelas masyarakat Jawa Tengah yang akan diuntungkan dengan adanya beberapa calon ini, sehingga mereka bisa menentukan pilihannya suai dengan hati nurani," katanya.

 

2. Tanggapan DPD PDIP Jateng soal perang bintang di Pilkada Jateng 2024

Tanggapan Andika Perkasa Bakal Bersaing Dengan Ahmad Luthfi di PilkadaBendahara PDIP Jateng Agustina Wilujeng. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Sementara itu sekretaris DPD PDIP Jateng Agustina Wilujeng menanggapi santai terkait sebutan perang bintang di Pilkada Jateng 2024. "Perang bintang itu kaya di film Star Wars ya, keren itu," candanya.

Agustina mengatakan usai mendaftarkan diri ke KPU Jateng pihaknya bakal segera mengagendakan kegiatan paslon termasuk sosialisasi ke pengurus PDIP di daerah dan juga masyarakat Jateng.

Pasangan Andika Perkasa-Hendrar Prihadi mendaftarkan diri ke kantor KPU Jateng, Selasa siang didampingi jajaran pengurus DPD PDIP Jateng, diantaranya Sekretaris DPD PDIP Jateng Sumanto ada juga Bendara DPD PDIP Jateng Agustina Wilujeng.

3. Paslon pertama yang daftar untuk Pilkada Jateng 2024

Tanggapan Andika Perkasa Bakal Bersaing Dengan Ahmad Luthfi di PilkadaKetua KPU Jawa Tengah Handi Tri Ujiono. (tangkapan layar Youtube KPU Jateng)

Ketua KPU Jawa Tengah Handi Tri Ujiono mengatakan pihaknya telah siap menerima pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jateng 2024 yakni mulai 27-29 Agustus 2024. Dan pada hari pertama pembukaan pendaftaran calon dari PDIP yakni Andika Perkasa-Hendrar Prihadi yang pertama mendaftar.

"Dari DPD PDI Perjuangan adalah yang pertama kali mendaftarkan bakal pasangan calon," ujar Ketua KPUD Jawa Tengah, Handi Tri Ujiono.

Menurut dia, daftar pemilih tetap atau DPT pada Pemilihan Kepala Daerah Jawa Tengah 2024 berjumlah 28,5 juta. Tersebar di 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah.

Komisioner Divisi Penyelenggaraan Pemilu KPU Jateng, Muhammad Macrhuz mengatakan pendaftaran paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah bakal mulai dibuka pada hari ini Selasa (27/8/2024). "Hari ini kita mulai pendaftaran secara keseluruhan kita sudah siap semua baik venue dan administratifnya kita sudah siap semua," kata Macrhuz.

Baca Juga: Andika-Hendi Naik Delman Daftar ke KPU Jateng

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya