Comscore Tracker

Tekan COVID-19, TNI/Polri di Jateng Diminta Cari Penderita Gula dan Hipertensi

Ganjar janji dampingi daerah dengan kasus corona tinggi

Semarang, IDN Times - Para personel TNI dan Polri yang bertugas di Jawa Tengah mendapat misi khusus untuk menanggulangi penularan virus corona (COVID-19). Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyatakan setiap aparat TNI/Polri telah ditugasi untuk melacak sejumlah warga yang memiliki penyakit diabetes dan darah tinggi alias hipertensi.

"Aparat TNI dan Polri akan siap membantu terjun ke wilayah-wilayah yang punya penularan COVID-19 yang tinggi. Mereka akan ikut mengoptimalkan program Jogo Tonggo dan kampung tangguh agar dapat mencari warga yang punya resiko penyakit darah tinggi dan gula," kata Ganjar dalam keterangan resmi melalui rekaman suara yang didapat IDN Times, Kamis (22/10/2020).

1. TNI dan Polri harus maksimalkan peran puskesmas

Tekan COVID-19, TNI/Polri di Jateng Diminta Cari Penderita Gula dan HipertensiIlustrasi tes swab. ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi

Aparat TNI maupun Polri, tambah Ganjar, akan berkoordinasi dengan masing-masing Puskesmas untuk memaksimalkan proses pelacakan penderita gula dan darah tinggi di setiap kecamatan.

Ganjar bilang para sekretaris daerah (sekda) juga wajib terlibat langsung untuk menangani kegiatan tersebut.

"Kita minta sekda optimalkan puskesmas, ambil datanya. Karena data kasus penyakit itu ada di Puskesmas. Jangan-jangan masyarakat yang mengidap dua penyakit itu berkorelasi dengan angka kematian COVID-19. Terutama data yang didapat dari BPJS kesehatan," terangnya.

Baca Juga: Kematian Jangan Dikaitkan COVID-19, Ganjar dan Dinkes Jateng Berbantah

2. Ada 4 daerah yang mempunyai kasus penularan COVID-19 tertinggi

Tekan COVID-19, TNI/Polri di Jateng Diminta Cari Penderita Gula dan HipertensiSeorang warga menggunakan masker pelindung menunggu tes virus corona di sebuah pusat tes cepat darurat di Hanoi, Vietnam, pada 3 April 2020. (ANTARA FOTO/REUTERS/Kham)

Pihaknya berharap dengan taktik tersebut maka bisa mengurangi angka kematian COVID-19 yang terjadi selama ini.

Lebih lanjut, pihaknya menyebut bahwa kini terdapat daerah dengan penularan COVID-19 tertinggi yakni di Kabupaten Pati, Kudus, Kota Semarang, dan Jepara.

3. Beberapa daerah dengan COVID-19 tinggi didampingi Pemprov Jateng

Tekan COVID-19, TNI/Polri di Jateng Diminta Cari Penderita Gula dan HipertensiDistribusi Alat Material Kesehatan per 10 Oktober 2020 (IDN Times/Sukma Shakti)

Di lokasi kabupaten/kota dengan kasus COVID-19 tinggi tersebut, pihaknya telah memerintahkan tim khusus untuk turun ke lapangan demi memberikan pendampingan.

"Yang tinggi di Pati, Kudus, Kota Semarang, Jepara. Beberapa yang tinggi ini kita turunkan tim untuk dampingi mereka. Kita polakan terutama di daerah yang gak turun-turun virusnya juga di daerah dengan tes PCR rendah. Seperti Wonogiri dan Banjarnegara. Kita akan bantu juga," beber Ganjar.

Baca Juga: Sebulan Kampanye, 40 Ribu Pelanggaran Ditemukan di Jateng, 8 Timses Ditegur

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya