Tenggelam Pas Nyuci Piring, Penyelam Temukan Siti Komariah di Sungai Sungapen Pemalang

Siti Komariah kemungkinan kepeleset saat ambil air

Pemalang, IDN Times - Sejumlah penyelam dari regu SAR gabungan menemukan tubuh Siti Komariah yang tenggelam di Sungai Sungapen Penggarit Pemalang. Siti ditemukan di dalam sungai dengan kedalaman 5 meter dalam kondisi meninggal dunia pada Minggu (7/1/2024) pukul 13.30 WIB siang. 

Baca Juga: Makan Sebungkus Mie, 3 Nelayan Pemalang Selamat saat Berhari-hari Terapung di Laut

1. Siti Komariah warga Desa Jebed Pemalang

Tenggelam Pas Nyuci Piring, Penyelam Temukan Siti Komariah di Sungai Sungapen PemalangSeorang penyelam tampak menaikan kantong jenazah berisi tubuh Siti Komariah. (IDN Times/Dok Humas Basarnas Semarang)

Tim SAR Semarang mengidentifikasi Siti berusia 50 tahun. Siti merupakan warga Desa Jebed Selatan, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang. 

"Kami menerima informasi dari Bapak Ari BPBD Pemalang bahwa ada orang tenggelam di Sungai Sungapan atas nama ibu Siti Komariah," ujar Heru Suhartanto, Kepala Basarnas Semarang saat dikonfirmasi terpisah. 

2. Diduga Siti Komariah tenggelam saat ambil air

Tenggelam Pas Nyuci Piring, Penyelam Temukan Siti Komariah di Sungai Sungapen PemalangRegu SAR gabungan bahu-membahu mengevakuasi tubuh Siti Komariah dari Sungai Sungapen Pemalang. (IDN Times/Dok Humas Basarnas Semarang)

Ia menduga kuat kalau Siti sempat tenggelam di Sungai Sungapen ketika sedang mengambil air. 

Berdasarkan pengakuan Heru, Siti semula kisaran jam 12.00 siang bersama ibundanya pergi ke kebun. 

Namun, di tengah jalan Sigi meminta izin kepada ibunya untuk mengambil air di Sungai Sungapen untuk mencuci piring. 

Kendati begitu sampai 13.30 WIB Siti yang ditunggu-tunggu ibundanya belum juga datang. Akhirnya sang ibunda mencoba mencari ke sungai. Yang diketemukan di Sungai hanya ember cat untuk mengambil air.

"Kami yang menerima informasi tersebut langsung menerjunkan satu tim rescue dari Unit Siaga SAR (USS) Pemalang untuk melakukan operasi pencarian dan penyelamatan," jelasnya. 

3. Penyelam temukan Siti di kedalaman 5 meter

Tenggelam Pas Nyuci Piring, Penyelam Temukan Siti Komariah di Sungai Sungapen PemalangKantong jenazah berwarna hitam yang berisi tubuh Siti Komariah digotong tim SAR gabungan. (IDN Times/Dok Humas Basarnas Semarang)

Setelah melakukan pencarian dengan penyisiran kemudian tim SAR mengerahkan beberapa penyelam. 

Aksi penyelaman di Sungai Sungapen akhirnya membuahkan hasil. Hampir setengah hari atau pukul 18:00 WIB SAR gabungan berhasil menemukan Siti sejauh 6 meter dari lokasi kejadian dengan kedalaman 5 meter. 

"Korban ditemukan oleh tim penyelam di kedalaman 5 meter dalam keadaan meninggal dunia. Kemudian korban langsung dibawa ke rumah duka. Dengan ditemukannya korban maka operasi SAR gabungan ditutup dan regu penolong yang terlibat kembali ke satuannya masing masing," ujar Heru. 

Baca Juga: Jadi Bupati Pemalang, Nana Sudjana Beri Tugas Berat ke Mansur Hidayat

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya