Terobos Palang Pintu Anjasmoro, Tanwiroh Tewas Ditabrak KA Sembrani

Suaminya selamat tapi korban meninggal

Intinya Sih...

  • Tanwiroh dan suaminya tertabrak KA Sembrani saat menerobos palang pintu perlintasan di Jalan Anjasmoro, Semarang Barat.
  • Korban meninggal dunia setelah terjatuh dari motor dan tertabrak kereta hingga masuk ke dalam selokan dekat rel.
  • Manajer Humas KAI Daop 4 Semarang menyatakan prihatin atas kejadian tersebut, mengingatkan masyarakat untuk mendahulukan perjalanan kereta api.

Semarang, IDN Times - Nasib tragis dialami Tanwiroh, warga Jalan Anjasmoro Tengah, Kelurahan Karangayu, Kecamatan Semarang Barat. Tanwiroh yang berboncengan naik motor dengan suaminya, Sameer Firmansyah meninggal dunia akibat tertabrak KA Sembrani jurusan Gambir-Pasarturi, Selasa (7/5/2024) siang. 

Kecelakaan yang dialami Tanwiroh dan suaminya berawal saat mereka berusaha menerobos palang pintu KA di Jalan Anjasmoro, Semarang Barat. Kejadiannya kisaran jam 11.25 WIB. 

Baca Juga: Tingkat Pengangguran Terbuka di Kota Semarang 5,99 Persen

1. Terseret dan masuk selokan

Terobos Palang Pintu Anjasmoro, Tanwiroh Tewas Ditabrak KA SembraniPolsuska dan warga cek lokasi kejadian. (IDN Times/Dok Humas Daop 4 Semarang)

Kapolsek Semarang Barat, Kompol Andre Bahtiar, mengatakan saat kejadian KA Sembrani tengah melaju dari timur lalu menabrak korban yang berusaha melompat dari boncengan. 

Tubuh korban yang tertabrak kereta sempat terseret beberapa meter sampai terpental ke selokan dekat rel. 

"Korban terjatuh dari motor dan tertemper kereta tersebut hingga masuk ke dalam selokan," ujarnya.

2. Suaminya selamat

Terobos Palang Pintu Anjasmoro, Tanwiroh Tewas Ditabrak KA SembraniPolsuska evakuasi korban. (IDN Times/Dok Humas Daop 4 Semarang)

Saat kejadian korban diketahui meninggal dunia. Sedangkan suaminya selamat.

Untuk saat ini korban dievakuasi menggunakan ambulans menuju RSUP Kariadi Semarang. 

3. Masinis Sembrani sempat bunyikan suling klakson

Terobos Palang Pintu Anjasmoro, Tanwiroh Tewas Ditabrak KA Sembrani

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo membenarkan KA Sembrani menabrak pemotor di jalur hilir Km 2+8 Perlintasan Sebidang Terjaga Jalan Anjasmoro Semarang. Lokasi kejadiannya tepat di petak ll Stasiun Semarang Poncol - Stasiun Jerakah. 

"Sebelum kejadian, masinis Sembrani telah membunyikan suling lokomotif berulang kali dan pengendara menerobos palang pintu perlintasan yang telah ditutup. Kami prihatin dan belasungkawa atas kejadian tersebut. KAI juga menyayangkan adanya kejadian ini, karena dapat berdampak pada keselamatan penumpang dan perjalanan kereta api,” jelasnya.

4. KAI minta bantuan warga ingatkan pemotor

Terobos Palang Pintu Anjasmoro, Tanwiroh Tewas Ditabrak KA SembraniSartono (64) pejaga perlintasan kereta api ganda tanpa palang pintu di Desa Bayemtaman, Kecamatan Kartoharjo Magetan. IDN Times/ Riyanto

Namun dengan kejadian tersebut tidak ada imbas kerusakan sarana. Cuman ada keterlambatan 5 menit pada KA 61 Sembrani karena adanya pemeriksaan rangkaian KA oleh masinis pasca kejadian. 

Pihaknya mengimbau masyarakat lmendahulukan perjalanan kereta api. Ini juga sesuai UU 23 tahun 2007 tentang Perekeretaapian pada Pasal 124 yang menyatakan pada perpotongan sebidang antara jalur kereta api dan jalan, pemakai jalan wajib mendahulukan kereta api.

"Kami juga meminta bantuan kepada masyarakat untuk mengingatkan para pengguna jalan agar selalu waspada dan tidak melintas diperlintasan sebidang ketika KA akan lewat, karena sangat membahayakan. Serta kami mohon kepada pihak yang berwenang untuk mengevaluasi keberadaan perlintasan tidak dijaga tersebut yang berpotensi menimbulkan  bahaya kecelakaan untuk dilakukan peningkatan keselamatan,” ujar Franoto. 

Baca Juga: Trafik Data Indosat Naik 6,3 Persen Berkat Perluas Jaringan di Jateng

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya