Udinus Raih Peringkat Tiga Kampus Inovasi Terbaik Berkat Robot Gamelan

Udinus berhasil membuat robot yang unik

Intinya Sih...

  • Udinus meraih peringkat tiga perguruan tinggi terbaik di Indonesia berdasarkan inovasi, dengan lebih dari puluhan inovasi yang mencakup robot catur, becak listrik, dan gamelan metaverse.
  • Rektor Udinus menyatakan prestasi ini hasil dari kerja keras seluruh civitas academica dan berharap dapat memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan Indonesia.
  • Pencapaian ini juga membuat Udinus menduduki peringkat pertama di Jawa Tengah sebagai perguruan tinggi dengan inovasi terbaik, menurut pemeringkatan Scimago Institutions Rankings 2024.

Semarang, IDN Times - Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang kembali menorehkan prestasi gemilang di kancah pendidikan tinggi Indonesia sebagai perguruan tinggi terbaik di bidang inovasi. 

Baca Juga: Hadapi Era AI, Udinus Semarang Tentukan Kelulusan Lewat Teknologi

1. Udinus sukses ciptakan robot gamelan, robot catur dan becak listrik

Udinus Raih Peringkat Tiga Kampus Inovasi Terbaik Berkat Robot GamelanPixabay

Pada pemeringkatan di tahun ini, Udinus menjadi kampus terbaik peringkat tiga dengan inovasinya berdasarkan hasil pemeringkatan yang dilakukan oleh Scimago Institutions Rankings (SIR) 2024.

Selama periode 2023-2024, Udinus berhasil menciptakan lebih dari puluhan inovasi yang berasal dari kolaborasi antara mahasiswa dan dosen. 

Di antara inovasi yang dikenal masyarakat adalah Becak Listrik Kampus Udinus (Becik-KU), Robot Catur Kampus Udinus (Roca-KU), Robot Gamelan Sekar Nuswantoro, dan Gamelan Metaverse, E-Gamelanku. Serta inovasi terbarunya yaitu AR/VR Budhara, dan VR Museum. 

Setiap inovasi ini tidak hanya memperkaya kreativitas kampus, tetapi juga menawarkan solusi konkret terhadap tantangan yang dihadapi masyarakat.

2. Rektor Udinus berharap dapat motivasi baru

Udinus Raih Peringkat Tiga Kampus Inovasi Terbaik Berkat Robot GamelanSalah satu gedung kampus Udinus Semarang. (IDN Times/Dok Humas Udinus)

Rektor Udinus, Prof Edi Noersasongko, M.Kom menyampaikan bahwa prestasi ini merupakan hasil dari kerja keras seluruh civitas academica Udinus. Khususnya dalam upaya mewujudkan inovasi yang berkualitas.

“Pencapaian sebagai kampus peringkat tiga terbaik di SIR 2024 menegaskan posisi Udinus sebagai perguruan tinggi dengan inovasi terbaik ketiga se-Indonesia,” ujarnya, Rabu (3/7/2024). 

Edi pun berharap naiknya peringkat Udinus bisa menjadi motivasi baru. Untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan Indonesia. “Kami berharap Udinus dapat terus berperan aktif dengan menghasilkan inovasi-inovasi yang berdampak positif bagi masyarakat luas,” tambahnya.

3. Dapat penilaian terukur melalui visibilitas website

Udinus Raih Peringkat Tiga Kampus Inovasi Terbaik Berkat Robot GamelanMahasiswa Udinus Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Lewat pencapaian ini, Udinus juga menduduki peringkat pertama di Jawa Tengah sebagai perguruan tinggi dengan inovasi terbaik.

Scimago Institutions Rankings adalah lembaga pemeringkatan akademik dan penelitian berdasarkan tiga indikator berbeda. 

Ketiga indikator tersebut, yakni kinerja penelitian, hasil inovasi, serta dampak sosial melalui visibilitas website. Untuk pemeringkatan SIR edisi 2024, faktor sosial telah dimodifikasi dengan memasukkan beberapa indikator baru yang mencerminkan dampak sosial secara lebih spesifik.

Di antaranya, generasi pengetahuan baru berkaitan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan yang ditetapkan PBB, serta partisipasi perempuan dalam penelitian dan penggunaan hasilnya dalam pembuatan atau penyempurnaan kebijakan publik.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya