Comscore Tracker

Waduh! Untuk Kedua Kalinya Tradisi Dandangan di Kudus Ditiadakan

Warga Kudus dikhawatirkan sulit hindari kerumunan

Kudus, IDN Times - Masyarakat Kabupaten Kudus yang berniat merayakan tradisi Dandangan menyambut Bulan Ramadan 1442 Hijriyah mesti bersabar. Pasalnya, Pelaksana tugas Bupati Kudus, HM Hartopo menegaskan tradisi Dandangan yang kerap digelar saban Bulan Ramadan, untuk tahun ini ditiadakan. 

1. Plt Bupati Kudus pastikan Dandangan ditiadakan lagi

Waduh! Untuk Kedua Kalinya Tradisi Dandangan di Kudus DitiadakanPlt Bupati Kudus HM Hartopo. IDN Times/Aji

Peniadaan tradisi Dandangan sudah terjadi dua kali lantaran di tahun 2021 wilayah Indonesia terutama Kota Jenang Kudus masih berada dalam masa pandemik COVID-19. 

"Dari hasil koordinasi terakhir, Dandangan belum memungkinkan untuk digelar lagi tahun ini," kata Hartopo seperti dilansir dari laman media lokal Suarabaru.id, pada Kamis (8/4/2021). 

Baca Juga: Belajar Antiseptik dari Youtube, 2 Siswa SMP di Kudus Juara ASEAN

2. Hartopo khawatir warganya sulit hindari kerumunan

Waduh! Untuk Kedua Kalinya Tradisi Dandangan di Kudus DitiadakanIDN Times/Aji

Hartopo mengakui harus menempuh pilihan itu karena masa pandemik COVID-19 di Kudus belum sepenuhnya teratasi. Upaya meniadakan tradisi Dandangan dilakukan atas pertimbangan sulitnya masyarakat Kudus menghindari kerumunan.

Namun, menurutnya keputusan tersebut sebenarnya masih bisa dievaluasi dengan melihat perkembangan yang ada. Hartopo bilang, Pemkab bisa saja melakukan penataan pedagang sesuai dengan protokol kesehatan. 

3. Hartopo: Untuk membatasi pengunjung, nampaknya sulit dijalankan

Waduh! Untuk Kedua Kalinya Tradisi Dandangan di Kudus DitiadakanAntara Foto

Kendati demikian, katanya dengan sisa waktu cuma dua pekan, kemungkinan kebijakan peniadaan Dandangan tahun ini tetap dilaksanakan.

"Untuk penataan pedagang mungkin bisa dilakukan. Tapi untuk membatasi pengunjung, nampaknya sulit dijalankan," ujar Hartopo. 

Baca Juga: Tradisi Dandangan Sambut Ramadan di Kudus Tahun Ini Ditiadakan

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya