Puan Bagi Amplop saat Senam di Banyumas, Bawaslu: Sebagai Ketua DPR

Bawaslu bilang akan menelusurinya

Banyumas, IDN Times - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mendalami dugaan praktik politik uang yang dilakukan oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani di Lapangan Desa Rempoah, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jumat (2/2/2024).

Pada kegiatan Kampanye Ketua DPP PDI Perjuangan melalui Senam Cinta Tanah Air (Sicita) itu, Puan kedapatan membagikan sejumlah amplop diduga berisi uang kepada para peserta yang datang ke lokasi acara.

Meski demikian, Bawaslu Kabupaten Banyumas berdalih, kapasitas Puan menghadiri acara tersebut sebagai Ketua DPR RI.

"Itu kan kapasitasnya sebagai Ketua DPR RI, Mbak Puan hadir ke sini," kata Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data, dan Informasi Bawaslu Kabupaten Banyumas, Yon Daryono, dilansir ANTARA.

Ia mengaku belum bisa memastikan apakah pemberian amplop tersebut masuk dalam dugaan praktik politik uang atau tidak. Sebab, masih memerlukan penelusuran lebih dalam mengenai fakta tersebut di lapangan.

"Kalau dalam konteks kategori definisi politik uang kan berarti dia pertama menjanjikan memberikan barang yang tidak sesuai dengan ketentuan di mana bahan kampanye atau beberapa barang yang ada di Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017. Dalam hal ini, dilarang memberikan uang atau barang saat kegiatan kampanye," ujarnya.

Selain itu, lanjut Yon, pihaknya juga perlu melihat apakah kehadiran Puan saat kegiatan di Baturraden tersebut dalam kapasitas resmi sebagai Ketua DPR RI bukan dalam kegiatan kampanye.

"Jadi, kami akan menelusuri apakah fakta, kemudian bagaimana di lapangan, kemudian bagaimana laporan rekan-rekan pengawas di lapangan, terutama Panwaslu Kecamatan Baturraden," jelasnya.

Yon menyatakan, Bawaslu Kabupaten Banyumas akan mengevaluasi terlebih dahulu Formulir Model A Pengawasannya. Kemudian, pihaknya akan menyinkronkan antara fakta lapangan dan regulasi yang ada.

"Nanti akan kami pelajari dan dalami lebih dahulu," tegasnya.

Untuk diketahui, selain mengikuti senam Sicita bersama lebih kurang 3.000 ibu rumah tangga di Lapangan Desa Rempoah, Puan Maharani juga mengajak massa yang hadir untuk memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Puan ikut memperkenalkan beberapa calon anggota legislatif dari PDI Perjuangan di daerah pemilihan Kabupaten Banyumas. Seperti Adisatrya Suryo Sulisto (calon anggota DPR RI Daerah Pemilihan Jawa Tengah VIII Banyumas dan Cilacap), Bambang Hariyanto Baharudin (calon anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Dapil Jateng VIII Banyumas-Cilacap), dan dr Henry Christianto (calon anggota DPRD Kabupaten Banyumas Dapil 2 Banyumas).

Setelah itu, Puan memberikan beberapa kuis dengan hadiah berupa jaket, kaos, dan barang lainnya. Sebelum meninggalkan lokasi kegiatan, Puan terlihat membagikan beberapa amplop kepada massa yang berada di bawah panggung.

Baca Juga: Bawaslu Jateng Segera Cek Syarat untuk Tangani Aduan Dugaan DPT Fiktif

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya