Bos Tekstil Singung Greenflation Penting, Gibran: Itu Bukan Receh

Penting di dunia usaha ke depannya

Surakarta, IDN Times - Calon wakil presiden (cawapres) nomer urut 2, Gibran Rakabuming Raka menyinggung soal pentingnya masalah greenflation (inflasi hijau) sebagai salah satu pertanyaan debat yang ia lontarkan kepada Mahfud MD dalam debat keempat yang diadakan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Minggu (21/1/2024).

Hal tersebut diungkapkan Gibran saat mengujungi pabrik tekstil terbesar di Asia Tenggara PT Sri Rejeki Isman Tbk (Sritex) Selasa (23/1/2024).

1. Bos Tekstil singgung soal greenflation.

Bos Tekstil Singung Greenflation Penting, Gibran: Itu Bukan RecehGibran Rakabuming Raka bertemu dengan Bos PT Sritex di Sukoharjo. (IDN Times/Larasati Rey)

Gibran mengatakan, jika greenflation penting di dunia usaha. Ia juga menyinggung soal respon cawapres nomer urut 3, Mahfud MD yang menilai jika pertanyan soal greenflation adalah sebuah pertanyaan receh.

"Kami dituntut untuk mengerakkan green energy, mahal semuanya itu ya kita harus ditopang anggaran pemerintah nantinya, jadi kami senang sekali greenflation itu diutarakan oleh Mas Gibran," jelas CEO PT Sritex, Iwan Setiawan Lukminto dalam sambutannya.

Baca Juga: Mengenal Greenflation, Terminologi Baru dalam Green Economy

2. Greenflation bukan masalah sepele

Bos Tekstil Singung Greenflation Penting, Gibran: Itu Bukan RecehGibran Rakabuming Raka berkunjung ke PT Sritex di Sukoharjo. (IDN Times/Larasati Rey)

Dalam kunjungan tersebut, Gibran mendengar keluhahan dari pada pengusaha tekstil di Indonesia yang diungkapkan. Gibran mengungkapkan jika masalah greenflation bukan merupakan masalah receh seperti yang diungkapkan oleh Mahfud MD.

Cawapres Prabowo tersebut mengaku jika Indonesia membutuhkan antisipasi untuk mengatasi masalah tersebut.

"Saya setuju juga tadi Pak (Lukminto) greenflation dibahas, jangan sampai salah langkah. Soalnya negara-negara maju sudah mengalami dan itu berat, transisi energi hijau itu gak gampang. Jangan sampai yang terbebani warganya," ujar Gibran.

"Jangan sampai terjadi, dan ini bukan masalah receh. Dan itu istilah-istilah bukan karangan saya, hasil ngobrol dengan temen-temen pengusaha, Kadin, HIPMI semua ngasih masukan itu. Mas pajak karbon, carbon capture, carbon storage itu bukan karangan saya, jadi itu bukan pertanyaan yang mengada-ada tapi itu satu hal yang harus kita antisipasi," jelas Gibran.

3. Gaungkan masalah hilirisasi

Bos Tekstil Singung Greenflation Penting, Gibran: Itu Bukan RecehGibran Rakabuming Raka berkunjung ke PT Sritex di Sukoharjo. (IDN Times/Larasati Rey)

Dalam pidatonya Gibran terus menekankan masalah hilirisasi. Ia mengaku mengulang-ngulang soal hilirisasi, yang dinilai penting untuk perkembangan kemajuan Indonesia.

"Kita tidak boleh lagi mengirimkan barang mentah diolah di luar negeri balik lagi ke sini harganya berlipat-lipat. Tidak boleh lagi. Saya sudah bilang sumber daya alam kita itu luar biasa sekali. Apa-apa harus diolah sendiri di sini," jelasnya.

Baca Juga: Relawan Klaim Gibran Kuasai Debat: Pakai Gimmick Bukan Tipe Anak Muda

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya