HUT ke-79 KAI, Rail Clinic Layani Warga di Sekitar Stasiun Solo Kota

Fasilitas di Rail Clinic

Intinya Sih...

  • KAI Daop 6 Yogyakarta menghadirkan Rail Clinic di Stasiun Solo Kota untuk pelayanan kesehatan dan edukasi gratis kepada masyarakat.
  • Rail Clinic terdiri dari 4 gerbong, memberikan layanan kesehatan gratis, bantuan kacamata, dan edukasi kesehatan kepada masyarakat sekitar stasiun.
  • Tim kesehatan yang siap melayani masyarakat meliputi dokter umum, dokter spesialis obgyn, dokter gigi, apoteker, paramedis, dan petugas lab.

Surakarta, IDN Times - KAI Daop 6 Yogyakarta kembali menghadirkan Rail Clinic untuk memberikan pelayanan kesehatan dan edukasi kepada masyarakat secara gratis di Stasiun Solo Kota pada Rabu (18/9/2024).

Usai berhenti di Kota Solo, selanjutnya Rail Clinic akan berhenti di Jember, Jawa Timur. Rail Clinic sendiri terdiri dari empat gerbong. 

1. Kegiatan di Rail Clinic

HUT ke-79 KAI, Rail Clinic Layani Warga di Sekitar Stasiun Solo KotaPemeriksaan Rail Clinic di Stasiun Kota Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

VP Public Relations KAI Anne Purba mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka merayakan HUT ke-79 KAI pada 28 September 2024 nantinya serta menjadi satu rangkaian KAI TJSL Fest 2024 yang dipusatkan di Kota Solo.

"Dalam 1 rangkaian Rail Clinic ini terdiri dari 2 Rail Clinic dan 1 Rail Library. Nantinya akan memberikan layanan kesehatan gratis, pengobatan dasar, bantuan kacamata, serta edukasi mengenai kesehatan kepada masyarakat sekitar," kata Anne saat ditemui di Stasiun Kota, Rabu (18/9/2024).

Pelayanan kesehatan gratis dengan Rail Clinic ini sudah menjadi program rutin KAI sebagai salah satu bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat disekitar jalur KA.

Baca Juga: Skybridge Culture, Komitmen KAI Pertahankan Budaya Lokal Banyumas

2. Fasilitas di Rail Clinic

HUT ke-79 KAI, Rail Clinic Layani Warga di Sekitar Stasiun Solo KotaPemeriksaan Rail Clinic di Stasiun Kota Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Daop 6 telah menyiapkan tim kesehatan yang siap melayani masyarakat di sekitar Solo Kota dengan didukung personil kesehatan yang meliputi 3 Dokter Umum, 1 Dokter Spesialis Obgyn, 2 Dokter Gigi, serta beberapa apoteker, paramedis, dan petugas Lab.

Beberapa kegiatan yang akan dilakukan dalam penyelenggaraan Rail Clinic ini nantinya diantaranya membagikan kacamata gratis kepada siswa SD sebanyak 50 orang, pemeriksaan ibu hamil sebanyak 20 orang, penyuluhan kesehatan gigi siswa SD sebanyak 50 orang, pemeriksaan kesehatan/ pengobatan kepada masyarakat sekitar sebanyak 250 orang, serta penyuluhan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api.

Pemeriksaan kesehatan yang akan dilakukan diantaranya adalah pelayanan gawat darurat, dokter umum, dokter gigi, laboratorium sederhana, pelayanan pemeriksaan ibu hamil, pemeriksaan mata, dan farmasi.

Selain layanan kesehatan, dalam satu rangkaian Rail Clinic juga terdapat Rail Library. Rail Library ini merupakan kereta yang difungsikan sebagai ruang baca, koleksi buku, ruang edukasi dan perpustakaan digital.

Para siswa dan masyarakat sekitar yang hadir dapat memanfaatkan fasilitas Rail Library, yang menyediakan ratusan buku bacaan dilengkapi dengan fasilitas e-Library.

"Semoga dengan adanya layanan Rail Clinic ini dapat membantu meningkatkan kesehatan dan minat baca masyarakat sekitar stasiun, serta menjadikan masyarakat semakin mencintai kereta api dengan lebih peduli terhadap keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api," jelasnya.

3. Dirasa sangat membantu

HUT ke-79 KAI, Rail Clinic Layani Warga di Sekitar Stasiun Solo KotaKereta Rail Clinic di Stasiun Kota Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, salah seorang warga asal Solo, Sunik Riayani (58) mengaku hadirnya Rail Clinic ini sangat membantunya. Ia mengaku sering mengalami sakit hipertensi dan pusing, ia pun bisa berobat gratis.

"Ya ini membantu sekali, biasanya saya itu pusing dan darah tinggi. Ini diperiksa disini jadi lebih terbantu.

Baca Juga: KAI Daops 6: 100 Ribuan Orang Pergi saat Libur Maulid Nabi

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya