Jadi Cawapres, Gibran Bakal Bawa Program Prioritasnya ke Pusat

Dinilai berikan manfaat dan solusi untuk Indonesia

Surakarta, IDN Times - Calon wakil presiden (cawapres) nomer urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengaku akan membawa beberapa program prioritasnya untuk diadopsi ke pemerintah pusat.

Baca Juga: Pengangguran di Solo Turun Dalam Setahun, Gibran Upgrade Fasilitas SMK

1. Bawa PLTSa Putri Cempo ke pusat

Jadi Cawapres, Gibran Bakal Bawa Program Prioritasnya ke PusatPLTSA Putri Cempo. (IDN Times/Larasati Rey)

Hal tersebut disampaikan oleh Gibran saat ditemui di kantor Balaikota Solo, Jumat (8/12/2023). Gibran mengaku akan membawa beberapa program prioritasnya, salah satunya pengolahan sampah menjadi listrik di Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Putri Cempo.

"Ya ada beberapa ya. misalnya pengolahan sampah ya," jelasnya.

Program tersebut menjadi salah satu program priotias Gibran untuk mengurangi limbah sampah di Kota Solo dan sekitar. Proses pengolahan sampah menjadi listrik pun dilakukan dengan proses gasifikasi sehingga tidak menimbulkan polusi udara.

2. Janji lakukan upgrade dan standarisasi rumah sakit

Jadi Cawapres, Gibran Bakal Bawa Program Prioritasnya ke PusatDubes UEA dan Gibran meninjau lokasi RS Emirates-Indonesia di Solo Techno Park. (IDN Times/Larasati Rey)

Selain PLTsa, Gibran juga akan membawa program pembangunan rumah sakit khusus, seperti yang telah ia garap di Solo yakni RS Kardiologi Emirate-Indonesia. Menurutnya, penyediaan sarana kesehatan di Indonesia perlu ditingkatkan agar berstandart.

"Bisa juga. Kan dari Kementrian kesehatan sudah dilink dengan Wolrd Bank. Kan nanti kedepan ada standarisasi dan upgrading untuk RS," jelasnya.

Gibran menilai standarisai rumah sakit terutama rumah sakit umum di daerah perlu ditingkatkan dan diupgrade tidak hanya peralatannya tetapi juga SDM nya.

"Ya bisa ditingkatkan lagi. Tiap tahun ke tahun kan alatnya memang harus diupgrade dan nakesnya juga harus diupgrade," jelasnya.

3. Ada 17 titik pembangunan di Solo

Jadi Cawapres, Gibran Bakal Bawa Program Prioritasnya ke PusatUmat muslim melaksanakan salat tarawih pertama Ramadhan 1444 H di Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo, Jawa Tengah, Rabu malam (22/3/2023). (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/aww.)

Selama menjadi Walikota Solo, Gibran sendiri memiliki 17 titik pembangunan prioritas sebagai visi misinya dalam membangun Kota Solo. Saat ini 17 titik pembangunan tersebut sebgaian besar sudah selesai dan bermanfaat untuk masyarakat.

Ke 17 titik pembangunan tersebut meliputi pembangunan elevated rail, Masjid Sheikh Zayed, Islamic Center, revitalisasi Taman Balekambang, revitalisasi Ngarsopuro dan koridor Gatot Subroto, Solo Safari, revitalisasi Lokananta, dan revitalisasi Technopark.

Selain itu ada juga revitalisasi pasar mebel, revitalisasi shelter Manahan, revitalisasi Pasar Jongke, revitalisasi Puro Mangkunegaran, pembangunan Museum Culture of Technology, PLTSA Putri Cempo, penataan kawasan kumuh Semanggi-Mojo, revitalisasi GOR indoor Manahan, dan revitalisasi Keraton Solo.

Baca Juga: Gibran Senyum-senyum Dengar Yel-yel Dukungan Kader Golkar

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya