Jelang Coblosan, Gibran Tinjau Sejumlah Proyek Prioritas di Solo

Semua proyek berjalan sesuai timeline

Surakarta, IDN Times - Calon wakil presiden nomor urut 02 yang juga menjabat sebagai Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka meninjau sejumlah proyek yang menjadi bagian dari 17 titik pembangunan prioritas. Gibran meninjau empat titik proyek di hari Selasa (13/2/2024).

1. Tinjau protek Elevated Rail

Jelang Coblosan, Gibran Tinjau Sejumlah Proyek Prioritas di SoloWalikota Solo Gibran Rakabuming Raka, tinjau proyek Elevated Rail Simpang Joglo. (IDN Times/Larasati Rey)

Gibran mengawali tinjauan lokasi proyek di rel layang atau elevated rail Simpang Joglo. Ia mengatakan jika progres pembangunan elevated rail diatas simpang tujuh jalur Solo--Purwodadi, Joglo itu masih sesuai target.

"Pokoknya kita kebut semua ya. Dan masih on the track ya, sesuai target," ujar Gibran.

Proyek yang menelan anggaran hampir Rp1 triliun, optimis selesai tepat waktu. Sehingga bisa mengurai kemacetan parah yang sering terjadi di Simpang Joglo tersebut.

Pembangunan elevated rail tersebut ditargetkan selesai pada akhir tahun 2024 ini.

Baca Juga: Reaksi Gibran Tanggapi Jokowi Memilih Tak Kampanye di Pilpres 2024

2. Tinjau proyek di Balekambang

Jelang Coblosan, Gibran Tinjau Sejumlah Proyek Prioritas di SoloWalikota Solo Gibran Rakabuming Raka, tinjau proyek Taman Balekambang. (IDN Times/Larasati Rey)

Usai dari Simpang Joglo, Gibran juga meninjau Revitalisasi Taman Balekambang. Di Taman Balekambang, Gibran sempat berkeliling di area air mancur dan juga gedung wayang orang yang baru saja direvitalisasi.

Gibran tak memungkiri jika pembangunan sejumlah fasilitas tersebut mengalami sejumlah kendala. Namun demikian, diyakininya tetap akan selesai sesuai jadwal.

"Sudah, sudah sesuai timeline ya, sudah sesuai on the track juga, dan nanti kita coba untuk Hari Jadi Kota Solo nanti (tanggal 17 Februari 2024)," ungkapnya.

Taman Balekambang sendiri memiliki sejarah yang erat berkaitan dengan Pura Mangkunegaran itu direvitalisasi sejak tahun lalu. Kini taman yang dibangun kembali dengan APBN Rp154.703.287.500 tersebut hampir selesai direvitalisasi dan siap dibuka kembali untuk umum. Seluruh taman dirombak dan dipercantik dengan tampilan yang lebih mewah dan bersih.

3. Tinjau pembangunan Pasar Jongke dan Alun-Alun Utara Keraton Kasunanan Solo

Jelang Coblosan, Gibran Tinjau Sejumlah Proyek Prioritas di SoloWalikota Solo Gibran Rakabuming Raka, tinjau proyek Pasar Jongke. (IDN Times/Larasati Rey)

Usai meninjau Taman Balekambang, Gibran meninjau pembangunan Pasar Jongke, Laweyan. Gibran pun berkeliling di area pasar yang hampir rampung.

"Kita sebenarnya ingin mengabungkan dua pasar yakni Pasar Jongke dan Pasar Kabangan harapannya bisa selesai tepat waktu, pedagang bisa lebih nyaman, pembeli juga bisa lebih nyaman beli disini," jelasnya.

Pembangunan pasar dengan anggaran sebesar Rp138 miliar dari APBN dibangun mulai tanggal 8 Juni 2023 dan diharapkan selesai dalam setahun. Pembangunan Pasar Jongke menggabungkan beberapa pasar di kawasan setempat. Yakni Pasar Jongke Lama, Pasar Kabangan, dan Pasar Kalipur.

Usai meninjau Pasar Jongke, Gibran juga meninjau pembangunan revitalisasi Alun Alun utara Keraton Kasunanan Surakarta. Revitalisasi Keraton tersebut menjadi salah satu proyek terakhir Gibran yang masuk dalam 17 titik prioritas. Revitalisasi Alun-Alun Keraton Surakarta sendiri akan difokuskan pada pembangunan pedestrian dan penataan kawasan area Alun-Alun.

Baca Juga: Gibran Kembali Bekerja di Solo saat Hari Tenang Pemilu 2024

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya