Kaesang Mau Maju jadi Kepala Daerah, Gibran: Aku Munggah!

Gibran anggap bukan dinasti politik karena ikut berkompetisi

Surakarta, IDN Times - Putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Gibran Rakabuming Raka mengaku jika adiknya Kaesang Pangarep tertarik terjun ke dunia politik.

Pria yang menjabat sebagai Wali Kota Solo tersebut mengatakan, ketertarikan Kaesang di bidang politik membuatnya kaget. Ia mengaku, jika keinginan Kaesang tersebut disampaikan saat makan bersama keluarga besar pada Minggu (22/1/2023).

1. Kaesang tertarik jadi pemimpin daerah

Kaesang Mau Maju jadi Kepala Daerah, Gibran: Aku Munggah!Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep. (IDN Times/Larasati Rey)

Gibran menjelaskan, jika dirinya kaget, lantaran sang adik tetiba berkata ingin terjun ke dunia politik.

"Saya juga bingung dan agak syok. Ya makane tanya teman yang di Jakarta saja, kon nggoleki (suruh cari) Kaesang neng (di)  Kuningan," katanya kepada awak media, Rabu (25/1/2023).

Gibran menjelaskan, jika Kaesang ingin terjun di lembaga eksekutif dari level pemerintahan paling bawah.

"Eksekutif. Kui wes tak bocori kui. Level bawah no, mosok langsung presiden (itu sudah saya bocorkan. Level bawah, masak langsung jadi presiden)," imbuhnya.

Baca Juga: Sama Risma Maju Pilgub DKI Jakarta, Gibran: Menunggu Keputusan PDIP

2. Tak takut tersaingi

Kaesang Mau Maju jadi Kepala Daerah, Gibran: Aku Munggah!Putra sulung Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep. (IDN Times/Larasati Rey)

Ditanya soal daerah yang akan dipilih oleh Kaesang untuk dipimpinnya apakah mengikuti jejaknya sebagai Wali Kota Solo atau malah daerah lain, Gibran mengaku tidak mengetahuinya secara jelas. Ia justru meminta awak media untuk menanyakan langsung kepada Kaesang.

"Yo ra reti no, takono Kaesang, aku wes merestui (ya saya tidak tahu, tanya langsung saja ke Kaesang, saya sudah merestuinya)," katanya.

Lebih lanjut, Gibran mengaku tak takut tersaingi jika nantinya Kaesang benar-benar akan terjun ke dunia politik. Ia mengaku jika levelnya lebih tinggi dibandingkan dengan Kaesang.

"Lha aku meh neng ndi, ngusir wae (saya mau ke mana, mengusir saja). Yo aku no wes mesti munggah (Ya aku sudah pasti naik ke level atas)," jawabnya.

3. Tak ada dinasti politik, semua ikut kompetisi

Kaesang Mau Maju jadi Kepala Daerah, Gibran: Aku Munggah!Kaesang Pangarep bersama anggota Direksi UAE Pro League. (dok. Persis)

Disinggung soal dinasti politik dalam keluarganya, Gibran mengaku jika semua orang bebas mengikuti kompetisi. Dirinya bahkan sudah membuktikan jika Kaesang mampu memimpin dan mengemban jabatan.

"Semua kan bisa ikut kompetisi bisa menang bisa kalah. Kan gak ada keharusan untuk memilih Kaesang. Kaesang juga tidak ditunjuk (oleh seseorang atau pejabat tertentu). Ya, intinya saya mendoakan yang terbaik untuk Kaesang, Nanti penilaian warga seperti apa sekali lagi Kaesang itu sudah pernah tak kasih tugas dengan baik. Persis Solo itu contoh untuk portofolionya Kaesang," pungkasnya.

Meski baru rencana Kaesang terjun di dunia politik, sejumlah partai politik (parpol) mulai mendekati Kaesang. Gibran pun membebaskan Kaesang untuk memilih parpol yang nantinya akan menjadi kendaraannya, maju sebagai pemimpin daerah.

"Ya, silakan silakan Kaesang saja yang memutuskan. Dia beda partai boleh, sama partai boleh, independen boleh," pungkasnya.

Baca Juga: Prabowo Siap Dukung Gibran Maju di Pilgub! Sosok Muda Yang Potensial

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya