Kampanye di Solo, Ganjar Menginap di Rumah Warga di Kadipiro

Anaknya pemilik rumah adalah lulusan SMKN Jateng

Surakarta, IDN Times - Susilo (54) dan Madinah (50) tak berhenti tersenyum bahagia. Mata mereka berkaca, seolah tak percaya calon presiden nomer urut 3 Ganjar Pranowo tersebut datang ke rumahnya di Kampung Bayan Krajan, Kelurahan Kadipiro Solo, Sabtu (23/12/2023) malam.

1. Cerita Susilo anaknya sukses usai sekolah di SMK Jateng

Kampanye di Solo, Ganjar Menginap di Rumah Warga di KadipiroCapres nomer urut 3, Ganjar Pranowo menginap di rumah warga di Solo. (Dok/TPN Ganjar-Mahfud)

Susilo mengaku senang dan merasa terhormat karena rumahnya digunakan untuk bermalam oleh mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut.

"Maturnuwun pak Ganjar, sudah mau datang ke gubuk kami. Kami merasa terhormat dan sangat senang bisa mengucapkan terima kasih secara langsung pada bapak," ujar Susilo.

Susilo merupakan ayah dari Bagus Prasetyo Kusumaning Susilo, alumni SMKN Jateng, sekolah asrama gratis. Karena sekolah di tempat itulah, kini Bagus sukses dan bekerja di perusahaan besar ternama di Kalimantan.

"Ini foto anak saya pak. Kalau nggak ada SMKN Jateng gagasan bapak, mungkin anak saya tidak bisa sekolah dan tidak bisa sukses seperti sekarang. Keluarga kami juga masih kesulitan," jelasnya sambil menunjukkan foto Bagus dengan seragam SMKN Jateng.

Susilo menceritakan jika SMKN Jateng benar-benar mengubah hidup keluarganya. Sebelum lulus SMKN Jateng, Bagus sudah diterima kerja di sebuah perusahaan batu bara besar di Kalimantan. Setiap bulan, Bagus mengirimi uang pada keluarga dan membantu merenovasi rumahnya.

"Tiap bulan dulu dikasih Rp500 ribu. Sekarang tiap bulan Rp2 juta dan dibantu renovasi rumah. Rumah kami sekarang sudah lebih bagus, tidak seperti dulu yang reyot dan bocor," ucap Susilo yang sehari-hari berjualan bubur sum-sum tersebut.

Baca Juga: Ganjar di Wonosobo: Nginap di Rumah Guru Ngaji, Makan Durian Bareng

2. Senang Ganjar mau menginap di rumahnya

Kampanye di Solo, Ganjar Menginap di Rumah Warga di KadipiroCapres nomer urut 3, Ganjar Pranowo menginap di rumah warga di Solo. (Dok/TPN Ganjar-Mahfud)

Susilo juga beruntung karena Ganjar mau datang ke rumahnya untuk menginap. Ia mengaku tak pernah dibayangkan dan menjadi momentum yang sangat mengharukan.

"Senang sekali. Apalagi tadi pak Ganjar bilang program sekolah boarding school ini akan dilanjutkan di tingkat nasional kalau jadi presiden. Tentu saya mendukung sekali, karena ini sudah terbukti membantu masyarakat miskin seperti kami," pungkasnya.

SMKN Jateng merupakan program Ganjar Pranowo saat memimpin Jawa Tengah. Semua anak miskin yang sekolah digratiskan, mulai SPP, seragam sekolah, makan, tempat tinggal dan lulusannya 100 persen diterima bekerja di perusahaan besar baik dalam maupun luar negeri.

3. Program SMK N Jateng bakal dibawa Ganjar ke pusat

Kampanye di Solo, Ganjar Menginap di Rumah Warga di KadipiroCapres nomer urut 3, Ganjar Pranowo menginap di rumah warga di Solo. (Dok/TPN Ganjar-Mahfud)

Saat ini sudah ada tiga sekolah asrama SMKN Jateng dan 15 semi boarding di Jateng. Ribuan siswa lulusannya sudah bekerja. Ganjar menegaskan program itu akan dilanjutkan di tingkat nasional.

"Saya senang sekali mendengarkan cerita pak Susilo, Bagus ini anak SMKN Jateng angkatan pertama dan sudah bekerja. Dia mengirimkan uang untuk keluarga dan bisa membeli rumah sendiri. Ini cerita yang sangat membahagiakan," ucap Ganjar.

Menurut Ganjar, SMKN Jateng ini menjadi pijakan ia ingin membuat SMKN Jateng di tingkat nasional. Termasuk program satu keluarga miskin satu sarjana. Ganjar berharap bisa dibangun di semua kabupaten di Indonesia. Khususnya lagi, untuk daerah Timur, daerah 3 T dan daerah perbatasan lainnya.

"Dua program itu inspirasinya dari sini. Hasilnya sudah kelihatan dan kalau ini diakselerasi, maka persoalan pendidikan dan kemiskinan bisa selesai," pungkasnya.

Baca Juga: Para Pengusaha Pro Ganjar-Mahfud Janji Bikin UMKM Naik Kelas

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya