Mahasiswa UNS Serukan Maklumat Kebangsaan Kritik Jokowi, Ini Isinya

Singgung Gibran yang tak cerminkan orang Solo.

Surakarta, IDN Times - Puluhan mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo ikut menyerukan penyelamatan demokrasi. Kritik tersebut ditujukan kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan penyelanggara negara karena diduga ada pelanggaran etika dalam kontestasi pemilihan umum (Pemilu) 2024.

1. Serukan 5 poin maklumat kebangsaan

Mahasiswa UNS Serukan Maklumat Kebangsaan Kritik Jokowi, Ini IsinyaSeruan Maklumat Kebangsaan mahasiswa UNS. (IDN Times/Larasati Rey)

Aksi seruan tersebut digelar di boulevard UNS, pada Rabu (7/2/2024). Mereka menyerukan Maklumat Supersemar "Demokrasi Terkhianati, Pancasila Tercela".

Presiden BEM UNS 2024, Agung Luki Pradita mengatakan jika terjadi krisis kebangsaan dalam kondisi politik nasional di Pemilu 2024 yang diakibatkan oleh kesewenang-wenangan, ketidakadilan, dan ketidakpedulian terhadap standaretika tertinggi.

Tindakan-tindakan untuk melanggengkan kekuasaan telah mengkhianati demokrasi yang seharusnya menjadi sistem untuk memerdekakan manusia. Pengabaian kepentingan umumdemi keuntungan segelintir pihak telah mencela Pancasila yang scharusnya menjadi pedomanhidup manusia Indonesia.

"Parapenjahat' ini merupakan pejabat publik yang mengangkangi konstitusi, melakukan pernyataankontradiktif mengenai netralitas kampanye, melakukan keberpihakan terhadap salah satu paslondemi keluarga dan kroninya, serta menggunakan kekuasaannya untuk mewujudkan kepentingannya yang jauh dari nilai persatuan Indonesia dan keadilan sosial," jelasnya dalam orasi.

Para mahasiwa tersebut juga menyerukan 5 poin demokrasi yang terkhianati dan Pancasila telah tercela untuk kepentingan segelintir pihak dalam Pemilu 2024, kami, mahasiswa/sivitas akademika Universitas SebelasMaret Kampus Benteng Pancasila, menyatakan:

  1. Kecewa atas keberjalanan demokrasi yang tidak dapat menjunjung tinggi etika dan prinsip-prinsip hukum yang didasarkan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
  2. Mendesak seluruh lembaga yang berkaitan dengan pelaksanaan Pemilu 2024 agarmenegakkan independensi dan didasarkan pada prinsip luberjurdil
  3. Menuntut Presiden dan semua pejabat pemerintahan untuk tidak melakukan politisasimaupun personalisasi bantuan sosial dan tidak terlibat dalam tim sukses atau tim kampanye pasangan calon
  4. Menuntut agar semua ASN, pejabat pemerintah, TNI dan Polri terbebas dari paksaan memihak salah satu paslon
  5. Kecewa atas segala sikap maupun tudingan yang memposisikan kampus yang telah bersuara berdasarkan pada standar etika dan keilmuan sebagai politik partisan.

2. Soroti sikap Gibran sebagai cawapres

Mahasiswa UNS Serukan Maklumat Kebangsaan Kritik Jokowi, Ini IsinyaPrabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam debat kelima Pilpres 2024 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (4/2/2024). (dok. TKN Prabowo Gibran)

Agung Luki ikut menyoroti sikap Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang melenggang sebagai calon wakil presiden (cawapres) 02. Ia menilai, Gibran tidak mencerminkan orang Solo yang memiliki sopan santun dan etika berpolitik.

"Tentu saja kami mahasiswa UNS sangat menyayangkan Gibran sekaligus wali kota sekalipun hari ini belum mengundurkan diri, namun yang dilakukan telah melakukan pelanggaran. Katanya representasi pemuda tapi nyatanya pemuda saat ini resah dengan apa yang telah dilakukan dan tidak mencerminkan orang Solo, warga Solo. Orang Solo seharusnya menjunjung tinggi nilai-nilai etika berbudaya, sopan santun," jelasnya.

Agung Luki juga menyesalkan sampai saat ini rektor, guru besar dan dosen UNS belum berani menyatakan sikapnya dengan yang apa yang terjadi di Indonesia. Dirinya berharap mereka mampu  mampu menjaga marwah dan tidak tinggal diam ketika nilai-nilai dan pengetahuan itu benar-benar ternodai.

"Iya benar (mendesak untuk bersikap), kemarin selama kurang lebih tiga harian teman-teman mahasiswa membuat petisi dan sudah diisi lebih dari 1.500 tanda tangan. Kita mendesak civitas akademika  agar bersuara dan menyikapi mengenai keadaan demokrasi saat ini," katanya.

3. UNS keluarkan pernyataan pemilu 2024

Mahasiswa UNS Serukan Maklumat Kebangsaan Kritik Jokowi, Ini IsinyaUniversitas Sebelas Maret (UNS). (IDN Times/Larasati Rey)

Di kesempatan yang sama, sivitas akademika Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menyatakan sikap dalam Pemilu 2024. Rektor bersama Senat Akademik dan Dewan Profesor menyatakan Deklarasi Pemilu Damai dan Tolak Politik Praktis di lingkungan kampus, Rabu (7/2/2024).

Menyikapi situasi yang dinamis menjelang pemilu 2024, Rektor bersama Senat Akademik dan Dewan Profesor menyatakan:

  1. Mendungkung terselenggaranya Pemilu 2024 secara demokratis, jujur dan adil.
  2. Berkomitmen menjaga kondusivitas kampus UNS untuk kegiatan tridharma perguruan tinggi bagi semua warga UNS dan Masyarakat
  3. Menghimbau kepada warga kampus UNS dan semua pihak untuk menghormati dan menghargai setiap perbedaan pandangan dan pendapat dengan menjujung tinggi peraturan perunduangan perundangan
  4. Peryataan sikap itu di tandatangani oleh Plt Rektor UNS, Chatarina Muliana; Ketua Senat Akademik, Sri Sulistyowati; dan Ketua Dewan Profesor, Suranto.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya