Menang, Gibran Ngaku Ada Parpol di Luar Koalisi Mendekat

Usai pengumuman dari KPU

Intinya Sih...

  • Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan adanya partai politik di luar Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang ingin bergabung dengan pemerintahan Prabowo-Gibran.
  • Gibran menyatakan bahwa sudah ada arah koalisi dan beberapa partai lain akan bergabung dalam KIM, namun belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai partai-partai tersebut.
  • Prabowo-Gibran maju dalam Pilpres 2024 dengan dukungan 10 partai politik yang tergabung dalam KIM, dan dinyatakan menang dengan perolehan suara sebanyak 96.214.691.

Surakarta, IDN Times - Wakil presiden (wapres) terpilih Gibran Rakabuming Raka mengaku ada partai politik di luar Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang telah menyatakan keinginan untuk bergabung dengan pemerintahan Prabowo-Gibran.

1. Terdapat beberapa parpol yang mendekat

Menang, Gibran Ngaku Ada Parpol di Luar Koalisi MendekatIlustrasi bendera parpol peserta pemilu 2024. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Gibran mengaku jika sudah ada arah koalisi dan terdapat beberapa partai lain yang akan bergabung dalam KIM.

“Sudah ada arah ke sana (parpol non-koalisi). Lebih dari satu partai, tetapi untuk saat ini saya tidak akan memberikan informasi lebih lanjut,” kata Gibran usai mendampingi kunjungan kerja Komisi X DPR RI di Balai Kota Solo, pada Kamis (21/3/2024).

Baca Juga: Golkar Disebut Minta 5 Jatah Kabinet, Ini Respon Gibran

2. Mengaku ada parpol yang akan bergabung

Menang, Gibran Ngaku Ada Parpol di Luar Koalisi MendekatGibran Rakabuming Raka melakukan penukaran uang bersama. (IDN Times/Larasati Rey)

Ditanya lebih lanjut, parpol mana yang akan bergabung dalam KIM, Gibran enggan memberikan rincian mengenai parpol yang dimaksud.

Ditanya apakah salah satu parpol tersebut yakni Partai Nasdem dan PKB, Gibran juga memberikan jawaban yang sama.

“Nanti ya (nama-nama parpol),” ucapnya.

3. Semua akan dirangkul

Menang, Gibran Ngaku Ada Parpol di Luar Koalisi MendekatMedia Prabowo-Gibran 02

Gibran menegaskan dirinya maupun presiden terpilih, Prabowo Subianto, bersedia membuka diri jika ada parpol yang sebelumnya berada di luar koalisi yang ingin bergabung dengan pemerintahan Prabowo-Gibran.

“Kemarin saya sudah mengatakan kita akan merangkul semua,” katanya.

Perlu diketahui, Prabowo-Gibran maju dalam Pilpres 2024 dengan dukungan 10 partai politik yang tergabung dalam KIM.

Empat parpol parlemen, yakni Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN dan Partai Demokrat. Kemudian empat partai non-parlemen, yakni PBB, Partai Gelora, PSI, Partai Garuda serta satu partai lokal Partai Aceh dan satu partai non-partisipan Pemilu 2024, Prima.

Prabowo-Gibran dinyatakan menang dengan perolehan sebanyak 96.214.691 suara.

Baca Juga: Usai Pengumuman Rekapitulasi KPU, Gibran Siap Rangkul Anies dan Ganjar

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya