Pertamina Gandeng Politeknik Ciptakan PLTS untuk Pengairan Sawah

Wujudkan energi bersih, desa energi berdikari sobat bumi

Intinya Sih...

  • Desa Energi Berdikari Sobat Bumi (DEB SoBI) hadir di Desa Welahan Wetan, Adipala, Cilacap melalui kerjasama Pertamina Foundation dan Politeknik Negeri Cilacap.
  • Inovasi yang dihadirkan berupa Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk pengairan sawah dan komposter pupuk bagi kelompok ternak Dadi Mulya.
  • Program DEB SoBI sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) #4, #7, dan #8, serta target Pemerintah untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) atau bebas emisi pada tahun 2060 atau lebih cepat.

PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Foundation bekerjasama dengan salah satu mitra Beasiswa Pertamina Sobat Bumi, Politeknik Negeri Cilacap (PNC) menghadirkan energi bersih di Desa Welahan Wetan, Adipala, Cilacap melalui program Desa Energi Berdikari Sobat Bumi (DEB SoBI).

Diresmikan oleh Direktur PNC dan Camat Adipala serta Project Head Pertamina Foundation dan Officer Communications & Relations PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, inovasi yang dihadirkan berupa Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk pengairan sawah dan komposter pupuk bagi kelompok ternak Dadi Mulya.

1. Mampu mendorong mahasiswa berinovasi

Pertamina Gandeng Politeknik Ciptakan PLTS untuk Pengairan SawahPLTS di Desa Welahan Wetan, Adipala, Cilacap. (Dok/Istimewa)

Direktur PNC, Riyadi Purwanto, ST, MEng mengatakan, DEB SoBI mampu mendorong mahasiswa berinovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat desa.

"Penerima beasiswa Pertamina bersama mentor dan mahasiswa PNC lainnya saling bahu-membahu untuk menghadirkan solusi bagi permasalahan di desa ini. Dengan adanya PLTS untuk pengairan dan komposter, kami harap mampu menghemat biaya operasional para petani sekaligus mengenalkan mereka dengan energi bersih," ucap Riyadi, Selasa (2/7/2024).

Baca Juga: Xurya Dapat 55 Juta Dolar AS, Dorong Adopsi PLTS Atap di Indonesia

2. PLTS berkapasitas 2800 WP yang mampu mengoperasikan pompa air dan alat komposer

Pertamina Gandeng Politeknik Ciptakan PLTS untuk Pengairan SawahPLTS di Desa Welahan Wetan, Adipala, Cilacap. (Dok/Istimewa)

Inovasi yang dihadirkan dalam DEB SoBI PNC, yakni Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 2800 WP yang mampu mengoperasikan pompa air dengan beban 600 watt dan alat komposter pengaduk dengan beban 745 watt.

Dari pompa tersebut, debit air yang dihasilkan sebesar 300 liter per menit dengan daya tampung tandon sebesar 3000 liter air sehingga dalam waktu sekitar 10 menit tandon dapat terisi air dengan penuh.

“Pada saat ini, sawah yang mampu dialiri air seluas 2 hektar. Sedangkan alat komposter yang kami bangun mampu mengaduk kotoran sapi dan sekam padi seberat 50 sampai dengan 100 kg. Selain itu, kami memasang lampu di sekitar jalan menuju PLTS untuk penerangan warga sekitar,” tambah Riyadi

3. Merupakan program Beasiswa Sobat Bumi.

Pertamina Gandeng Politeknik Ciptakan PLTS untuk Pengairan SawahPLTS di Desa Welahan Wetan, Adipala, Cilacap. (Dok/Istimewa)

Direktur PNC juga menyampaikan komitmennya untuk terus mendukung program DEB SoBI di Welahan Wetan dan berharap program ini dapat direplikasi di desa-desa lain di Indonesia.

Project Head Pertamina Foundation Ermawan Fitra mengapresiasi PNC atas pelaksanaan program DEB SOBI di Desa Welahan Wetan.

“DEB SoBI merupakan salah satu capacity building dari program Beasiswa Sobat Bumi untuk mendekatkan mereka dengan pemberdayaan masyarakat, lingkungan hidup, hingga energi baru dan terbarukan. PNC menjadi salah satu dari 24 DEB SoBI yang berhasil diinstalasi dan siap untuk memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat Desa Welahan Wetan," jelasnya.

"Saya berharap program ini dapat meningkatkan kesejahteraan, dapat berkelanjutan, dan menjadi contoh bagi desa-desa lain, khususnya di Kabupaten Cilacap,” imbuh Ermawan.

Program DEB SoBI sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) #4, #7, dan #8, serta target Pemerintah untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) atau bebas emisi pada tahun 2060 atau lebih cepat.

Baca Juga: Regulasi Baru untuk Efektivitas Pemenuhan Kuota PLTS Atap, Mampukah?

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya