Pesawat Jemaah Haji GA 6239 Putar Balik ke Bandara Adi Soemarmo Solo

Hendak berangkat menjemput jemaah haji di Jeddah

Intinya Sih...

  • Pesawat Garuda Indonesia GA 6239 rute Solo-Jeddah putar balik karena masalah teknis
  • Bandara Adi Soemarmo Solo siagakan fasilitas dan emergency operation center setelah kejadian
  • Pesawat mendarat dengan selamat, membawa pulang jemaah haji asal Jawa Tengah dan Yogyakarta

Surakarta, IDN Times - Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 6239 dengab rute Solo-Jeddah melakukan putar balik atau return to base (RTB) pada Selasa (2/7/2024) malam.

1. Berangkat dari Solo ke Jeddah

Pesawat Jemaah Haji GA 6239 Putar Balik ke Bandara Adi Soemarmo SoloPintu keberangkatan Bandara Adi Soemarmo, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

General Manager Bandara Adi Soemarmo Solo, Erick Rofiq Nurdin membenarkan adanya pesawat GA 6239 yang putar balik ke Solo. Menurutnya pesawat berangkat dari Bandara Adi Soemarmo Solo menuju ke Jeddah mengalami masalah teknis.

"Pesawat berangkat dari SOC ke Jeddah pada pukul 19.45 WIB, mengalami RTB ke SOC dan kembali mendarat pukul 21.06 WIB," ujarnya, Rabu (3/7/2024).

Baca Juga: Sambut Kedatangan Jemaah Haji Kloter 1, Nana Sudjana: Semoga Mabrur

2. Pesawat dalam kondisi kosong

Pesawat Jemaah Haji GA 6239 Putar Balik ke Bandara Adi Soemarmo Soloilustrasi pesawat di bandara (unsplash.com/starocker)

Lebih lanjut, Erick mengatakan akibat kejadian tersebut pihaknya langsung melakukan antisipasi dengan menyiagakan seluruh fasilitas dan emergency operation center yang ada.

"Seluruh Fasilitas Bandara SOC dan Emergency Operation Centre disiagakan," katanya.

Pesawat yang melakukan putar balik tersebut dalam kondisi kosong usai mengankut kepulangan jemaah haji Debarkasi Solo kloter 34 dari Kabupaten Pekalongan dan Kota Tegal.

3. Merupakan pesawat pengangkut jemaah haji

Pesawat Jemaah Haji GA 6239 Putar Balik ke Bandara Adi Soemarmo SoloPPIH Embarkasi Makassar menyambut kedatangan jemaah haji kloter 11, Senin (1/7/2024). (Dok. Kemenag Sulsel)

Usai melakukan putar balik, Erick memastikan jika pesawat GA 6239 pengangkut jemaah haji asal Jawa Tengah dan Yogyakarta itu telah mendarat dengan baik. Sebanyak 14 crew pesawat dalam keadaan aman.

"Posisi saat ini pesawat sudah mendarat dengan selamat, 14 crew dan pesawat dalam keadaan aman, saat ini sedang dalam penanganan," pungkasnya.

Baca Juga: Apa Itu Badal Haji? Berikut Pengertian, Hukum, dan Syaratnya

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya