Ratusan Perajin Batik Ikuti Kampanye #MelokalDenganBatik

Mendukung penjualan batik secara live di Shop | Tokopedia.

Surakarta, IDN Times - Komitmen TikTok dan Tokopedia untuk mendukung potensi lokal melalui warisan budaya Indonesia, terwujud melalui Shop

Tokopedia.

Langkah awal yang dilakukan secara konkret adalah mengangkat potensi ekonomi lokal melalui kerajinan Batik. Melalui Kampanye #MelokalDenganBatik secara resmi diluncurkan pada Rabu (17/1/2024) di Swiss-Belhotel Solo.

1. Gelar kampanye di dua kota

Ratusan Perajin Batik Ikuti Kampanye #MelokalDenganBatikKegiatan #melokaldenganbatik di Kota Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

ShopTokopedia merangkul para pengrajin batik lokal di wilayah Solo, Pekalongan, dan sekitarnya untuk memanfaatkan platform digital serta e-commerce dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam menghadapi persaingan pasar melalui kampanye #MelokalDenganBatik.

Program tersebut mengintegrasikan empat inisiatif kunci untuk mendukung Batik dan memanfaatkan peluang di ranah digital, mulai dari meningkatkan minat pada batik lewat Shoppertainment, kampanye khusus produk batik, kolaborasi kreator, hingga uji coba untuk berjualan di platform TikTok.

"Kita ingin meningkatkan sinergi dan pelayanan kita, harapanya kita lebih kuat dalam mendukung industri lokal di tanah air," jelas ShopTokopedia Fashion Category Lead, Desey Muharlina Bungsu.

Desey mengaku, Solo dipilih sebagai kota mengalakkan kampanye karena Solo memilih jumlah perajin batik dan merupakan salah satu kota penghasil batik.

"Memang pada project pertama ini, kita dua kota untuk sumber penjual dan pengrajinnya yaitu Solo dan Pekalongan karena dua kota ini termasuk pengrajin batik terbanyak, namun tidak menutup kemungkinan kita akan mendukung kota-kota lainnya dalam industri batik ini," jelasnya.

Baca Juga: 9 Ide OOTD dengan Motif Batik Mulai Gaya Santai Hingga Formal!

2. Empat kunci inisiatif

Ratusan Perajin Batik Ikuti Kampanye #MelokalDenganBatikShopTokopedia Fashion Category Lead, Desey Muharlina Bungsu. (IDN Times/Larasati Rey)

Desey mengatakan sebanyak 75 persen penonton platform digital Tiktok merupakan pengemar belanja yang sadar akan cara berpakaian. Desey mengatakan jika sebanyak 64 persen Genz dan millennial gemar berbelanja fashion. Untuk itu adanya kampanye #MelokalDenganBatik ini membantu para perajin batik menjangkau pelanggan lebih luas.

"Ada empat kunci inisiatif untuk mendukung Batik dan memanfaatkan peluang di ranah digital, yakni batik shoppertaiment, kampanye khusus produksi batik, pencarian kreator untuk seller, dan uji coba gratis untuk berbelanja di ShopTokopedia," jelasnya.

Dalam kolaborasi ini, ShopTokopedia berupaya melibatkan kreator-kreator terkenal TikTok untuk membantu mempromosikan Batik ke dunia digital. Mereka menggunakan jaringan dan audiens online mereka untuk meningkatkan penjualan bagi para penjual Batik lokal.

3. Sinergi yang memadukan kecanggihan inovasi digital dengan kekayaan sumber daya lokal

Ratusan Perajin Batik Ikuti Kampanye #MelokalDenganBatikKegiatan #melokaldenganbatik di Kota Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, Wakil Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Muhammad Hilmi Adrianto mengatakan Kerjasama antara ShopTokopedia dan para pengrajin batik lokal diharapkan membawa sinergi yang memadukan kecanggihan inovasi digital dengan kekayaan sumber daya lokal. Kolaborasi ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kemampuan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal dari segi rantai suplai.

"Kerjasama antara ShopTokopedia dan para pengrajin batik lokal diharapkan membawa sinergi yang memadukan kecanggihan inovasi digital dengan kekayaan sumber daya lokal. Di mana kolaborasi ini memiliki tujuan utama yaitu membantu meningkatkan kemampuan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal dari segi rantai suplai," jelasnya.

"Melalui sinergi ini, kami ingin memberikan kontribusi positif terhadap ekosistem UMKM lokal, menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan bisnis, dan pada akhirnya, mengangkat nilai industri batik Indonesia di tingkat global. Dengan menghargai warisan lokal melalui penerapan inovasi digital, kami yakin bahwa kolaborasi ini akan membawa dampak positif yang signifikan bagi para pengrajin batik dan ekonomi lokal secara menyeluruh," imbuhnya.

Dikesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Solo,Teguh Prakosa mengatakan jika Pemkot Solo mendukung penuh program digitalisasi para perajin batik di Kota Solo ini.

"Ini merupakan sebuah kemajuan bagi para perajin batik khusus untuk semakin mempromosikan produk batik lebih masif lagi," pungkasnya.

Baca Juga: Berkat Geo-tagging, Transaksi Belanja Online Tokopedia di Semarang Meningkat

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya