Reaksi Gibran Tanggapi Jokowi Memilih Tak Kampanye di Pilpres 2024

Mengaku selama ini berjalan sendiri-sendiri.

Surakarta, IDN Times - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka menjawab pernyataan Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang tidak akan berkampanye dalam Pilpres 2024.

1. Mengaku memiliki jalan sendiri-sendiri

Reaksi Gibran Tanggapi Jokowi Memilih Tak Kampanye di Pilpres 2024Website

Menanggapi hal tersebut, Gibran jika ia dan ayahnya tersebut berjalan sendiri-sendiri. Ia bahkan tidak mengetahui agenda soal pernyataan Jokowi tersebut.

"Saya malah nggak tahu agendanya apa, kegiatannya apa ya, kita kan jalan sendiri-sendiri," kata Gibran usai menghadiri acara Isra Mi'Raj di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Kamis (8/2/2024).

2. Unggul dalam survei

Reaksi Gibran Tanggapi Jokowi Memilih Tak Kampanye di Pilpres 2024Paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menghadiri konser Indonesia Maju di Stadion Baharoeddin Siregar, Lubuk Pakam, Deli Serdang, Sumatra Utara, Rabu (7/2). (Dok. TKN Prabowo-Gibran)

Lebih lanjut, Gibran justru meminta kepada warga untuk tidak golput dan menggunakan hak pilihnya di TPS, meski sejumlah survei menyatakan ia bersama capres Prabowo Subianto telah unggul.  

"Itu tidak ada artinya kalau masih banyak yang golput, kalau TPS tidak dijaga, itu saja. Tidak ada kekhawatiran," katanya.

3. Jokowi tegaskan tak ikut kampanye

Reaksi Gibran Tanggapi Jokowi Memilih Tak Kampanye di Pilpres 2024Kedatangan Presiden RI Jokowi disambut meriah oleh 4.000 nasabah PNM Mekaar yang berkumpul di Lapangan Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara, Sumatra Utara, pada Rabu (7/2/2024). (dok. PNM)

Sebelumnya, Jokowi menjawab dengan tegas jika dirinya tidak akan ikut kampanye pada Pilpres 2024. Meski sebelumnya ia melontarkam pernyataan jika Presiden dalam Undang-Undang diperbolehkan untuk berkampanye, namun Jokowi memilih untuk diam dan tidak ikut dalam kontestasi pemilihan presiden (Pilpres) tersebut.

"Tapi jika pertanyaannya apakah saya akan kampanye. Saya jawab tidak. Saya tidak akan berkampanye," ujarnya.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya