Ribuan Personel Gabungan Siap Amankan Pemilu 2024 di Solo

Khusus TPS 034 Manahan ada peningkatan keamanan

Surakarta, IDN Times - Polresta Kota Solo menyiapkan sebanyak 3.610 personel gabungan, untuk mengamankan pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) di Kota Solo pada tanggal 14 Februari 2024.

1. Siapkan ribuan personel keamanan

Ribuan Personel Gabungan Siap Amankan Pemilu 2024 di SoloKepala Polresta Kota Solo Kombes Pol Iwan. (IDN Times/Larasati Rey)

Kepala Polresta Kota Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi mengatakan total personel tersebut merupakan gabungan dari personel Polresta, Jajaran TNI Kodim 0735, dan Linmas.

"Jumlah personel yang disiapkan pengamanan pemilu 2024 di Solo, dengan total semuanya 3.610 orang itu, gabungan dari Polresta, Jajaran TNI Kodim 0735, dan Linmas," katanya, Selasa (13/2/2024).

Baca Juga: Amankan Pemilu, Polresta Banyumas Kerahkan 858 Petugas Gabungan

2. Merupakan personel gabungan

Ribuan Personel Gabungan Siap Amankan Pemilu 2024 di SoloPersonel gabungan dari unsur Brimob, reserse, TNI, Linmas mengikuti apel pergeseran pasukan gabungan di Lapangan Pancasila, Simpang Lima Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Iwan mengatakan pihaknya bersama Komandan Kodim 0735 Letkol Inf Eko Hardianto, Bawaslu, dan Kesbangpol Surakarta berkomitmen untuk menjaga keamanam dan kondusivitas Kota Solo selama jalannya pemilihan umum.

Menurut Kapolresta, komposisi pengamanan berupa dua anggota Polri, satu personel TNI dan 24 anggota Linmas yang akan melakukan penjagaan di tiap dua TPS. "Namun jika ada kejadian yang bersifat darurat atau menonjol sehingga perlu penambahan personel, Polri dan TNI sudah menyiapkan kekuatan yang siaga sebanyak dua satuan setingkat Kompi," jelasnya.

3. TPS lokasi Gibran ada peningkatan keamanan

Ribuan Personel Gabungan Siap Amankan Pemilu 2024 di SoloTPS 034 bertema Valentine lokasi Gibran-Selvi nyoblos. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara untuk TPS 34 Manahan yang menjadi lokasi Cawapres nomer urut 02 Gibran Rakabuming Raka bersama istrinya Selvi Ananda akan meningkatkan kesiapsiagaan anggota.

"Hal ini, akan menjadi perhatian kami, di samping perlakukan kepada calon Wapres tentunya sudah ada pengamanan khusus prosedur dari Mabes Polri dan TNI," pungkas Iwan.

Perlu diketahui, saat ini semua logistik pemilu, sudah disalurkan dari KPU ke lokasi yang telah ditentukan.

Baca Juga: Kisah Leni, Penjual Kue Ikut Mengawasi Coblosan Pemilu 2024

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya