Rumah Pensiun Jokowi Mulai Dibangun, Sudah Ada Prosesi Groundbreaking

Prosesi peletakan batu pertama dilangsungkan tertutup

Intinya Sih...

  • Rumah pensiun Presiden Jokowi dibangun di Karanganyar, seluas 1,2 hektar.
  • Prosesi peletakan batu pertama dilangsungkan tertutup pada Senin, 1 Juli 2024.
  • Pembangunan rumah pensiun Jokowi ditangani oleh PT Tunas Jaya Sanur, dengan luas bangunan 12 ribu meter persegi.

Karanganyar, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo segera memiliki rumah baru usai pensiun Oktober 2024. Rumah hadiah negara seluas 1,2 hektare di Jalan Adi Sucipto, Desa Blulukan, Kecamatan Colomadu, Karanganyar tersebut mulai dibangun.

Pembangunan rumah pensiun yang diberikan oleh negara telah memasuki tahap peletakan batu pertama pada Senin, 1 Juli 2024. Sebelumnya, lahan tersebut telah melalui proses pembersihan selama sekitar sepekan. 

1. Rumah mulai dibangun

Rumah Pensiun Jokowi Mulai Dibangun, Sudah Ada Prosesi GroundbreakingLahan rumah pensiun Presiden Jokowi di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Camat Colomadu, Dwi Susilo Adi membenarkan jika pada Senin, 1 Juli 2024, prosesi peletakan batu pertama atau groundbreaking telah digelar dan dilakukan secara tertutup.

"Njih (iya). Tadi saya konfirmasi, acara (peletakan batu pertama pembangunan rumah pensiun Jokowi) sampai dengan jam 9 pagi, terus langsung selesai kajang (tenda) dibongkar dan dari Paspampres sementara dilarang mem-foto dan drone," ujar Dwi, Senin (1/7/2024).

Baca Juga: Kaesang Pangarep dan PSI Bertemu di Rumah Jokowi Solo, Serahkan KTA

2. Prosesi groundbreaking

Rumah Pensiun Jokowi Mulai Dibangun, Sudah Ada Prosesi GroundbreakingLahan rumah pensiun Presiden Jokowi di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut, Dwi mengaku jika pihaknya tidak diundang menghadiri prosesi peletakan batu pertama pembangunan rumah pensiun Jokowi tersebut. Terlebih pihak keluarga juga tidak menyebarkan undangan.

"Tidak ada yg diundang dan dilibatkan. Sepertinya agenda keluarga calon pemilik rumah," jelasnya.

Lebih lanjut, ia menyebutkan jika pihak kontraktor atau pengembang pembangunan rumah pensiun Jokowi tersebut adalah PT Tunas Jaya Sanur.

3. Lahan seluas 1,2 hektare

Rumah Pensiun Jokowi Mulai Dibangun, Sudah Ada Prosesi GroundbreakingLahan rumah pensiun Presiden Jokowi di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Dwi mengaku pada Sabtu (29/6/2024) sempat meninjau lokasi pembangunan rumah Jokowi dan berkomunikasi dengan pihak kontraktor. Pihaknya juga sempat meminta konfirmasi terkait SOP pengambilan gambar lokasi pembangunan rumah pensiun Jokowi itu bagi awak media.

"Karena ada beberapa insiden, teman-teman wartawan yang mengambil drone tidak boleh, yang mengakses di luar saja," ujarnya.

Ia menyebutkan jika luas bangunan rumah pensiun Presiden Jokowi tersebut seluas 12 ribu meter persegi. Dari seluas 12 ribu meter persegi tersebut, lahan 9 ribu meter persegi dibeli dari pemilik sebelumnya atas nama Suroso yang merupakan bos Rosalia Indah, dan sisanya 3 ribu meter persegi dari warga lainnya. 

Baca Juga: Gibran Tegas Beri Sanksi ke ASN Solo yang Terlibat Judi Online

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya