Seribu Anak di Karanganyar Tolak Imunisasi Polio, Dinkes Swipping

Orang tua enggan ikut imunisasi karena kepercayaan

Karanganyar, IDN Times - Sedikitnya ada 1.000 an anak di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah yang tidak mengikuti Pekan Imunisasi Nasional Polio yang dicanangkan oleh pemerintah, pada putaran pertama yaitu tanggal 15-21 Januari 2024.

Baca Juga: Warga Semarang Tolak Imunisasi Polio, Pemkot Makin Gencarkan Sosialisasi

1. Seribuan anak belum terimunisasi hasil sweeping

Seribu Anak di Karanganyar Tolak Imunisasi Polio, Dinkes Swippingilustrasi imunisasi polio (dok. Kemenkes)

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar, Purwati mengaku pihaknya terus berupaya melalukan swipping di sejumlah kecamatan dan desa untuk memastikasi anak-anak di Kabupaten Karanganyar tersebut sudah terimunisasi polio.

Hingga akhir jangka waktu PIN Polio putaran pertama sedikitnya ada 1.000 an anak belum terimunisasi.

"Total pada Kamis siang kemrin 900 an dan saat ini ada 1.000 an secara keseluruhan yang menyebar tapi kita terus upaya lakukan kunjungan door to door kami masih berupaya," jelasnya, Senin (22/1/2024).

2. Dua wilayah yang banyak menolak imunisasi

Seribu Anak di Karanganyar Tolak Imunisasi Polio, Dinkes Swippingilustrasi imunisasi polio (dok. Kemenkes)

Purwati mengatakan alasan para orang tua menolak untuk mengimunisasi anaknya karena masalah kepercayaan. Banyak dari mereka yang masih percaya yang mereka anut.

"Iya rata-rata kepercayaan juga. Pendekatannya kita kan pernah dengan tokog agama seperti itu," jelasnya.

"Ya tetap di surat pernyataan tapi sambil kita edukasi juga. Yang jelas kalau memang ada beberapa yang menolak tapi itu menyebar jadi tdk di satu tempat, ungkap Purwati.

Menurut Purwati, terdapat dua Kecamatan di Kabupaten Karanganyar yang menolak pelaksanaan imunisasi yakni Tawangmanggu dan Karangpandan. "Yang paling banyak di Tawangmanggu 300 an lah, yang di Karangpandan 200 an, yang lain mungkim hanya satu dua seperti itu," jelasnya.

3. Capaian imunisasi sudah 95 persen.

Seribu Anak di Karanganyar Tolak Imunisasi Polio, Dinkes Swippingilustrasi imunisasi polio (dok. Kemenkes)

Meski terdapat 1000 an anak yang masih menolak imunisasi, Purwanti menyebutkan capaian imunisasi di Kabupaten Karanganyar terbilang tinggi yakni mencapai 95 persen.

"Total keseluruhan, kalau dari sasaran via dari temen-temen Puskesmas ada 95.824 tapi kalau dari Pusdatin (Pusat Data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan) 98.200 an," jelasnya.

"Jadi target kita kan minimal 95 persen. Kalau target kabupaten kami sudah diatas 95 persen, kalau sasan riilnya sudah 100 persen ini pakai sasaran pusdatin kita sudah 98 persen. Tapi ada beberapa puskesmas yang belum 95 persen, lha yang belum 95 persen ini harus swipping," jelasnya.

Sub Pekan Imunisasi Nasional Polio dilaksanakan selama 2 kali putaran yaitu tanggal 15-21 Januari 2024 dan putaran kedua tanggal 19-25 Februari 2024.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya