Survei Pilkada Solo 2024: Wakil Gibran Teratas, Kaesang Lebih Populer

Gusti Bhre di bawah nama Teguh Prakosa

Intinya Sih...

  • Teguh Prakosa menduduki peringkat pertama bursa calon Wali Kota Solo 2024 dengan elektabilitas 35,3 persen.
  • Gusti Bhre (KGPAA Mangkunagoro X) berada di posisi kedua dengan elektabilitas 25,3 persen, namun di posisi pertama dalam popularitas dengan nilai 92,9 persen.
  • Survei dilakukan terhadap 640 responden dari 80 titik di 54 Kelurahan di Kota Solo, serta menyurvei kemungkinan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo.

Surakarta, IDN Times - Nama Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa menduduki peringkat pertama bursa calon Wali Kota Solo 2024. Hal itu berdasarkan jajak pendapat Solo Raya Poling yang dirilis Selasa (26/3/2024).

1. Elektabilitas Teguh teratas

Survei Pilkada Solo 2024: Wakil Gibran Teratas, Kaesang Lebih PopulerHasil survei SoloRaya Polling tentang Pilwalkot Solo 2024.(IDN Times/Larasati Rey)

Berdasarkan hasil survei tersebut, nama Teguh Prakosa menduduki peringkat pertama dengan nilai elektabiitas 35,3 persen.

Sedangkan diposiai kedua ada nama KGPAA Mangkunagoro X atau dikenal dengan Gusti Bhre dengan nilai elektabilitas 25,3 persen.

Di posisi ketiga ada nama Kaesang Pangarep dengan angka elektabilitas 14,1 persen. Namun dari Segi Popularitas, nama Kaesang menduduki posisi pertama dengan nilai 92,9 persen.

Baca Juga: Pilpres Minta Diulang, Gibran: Mau Diulang Sampai Jagoannya Menang?

2. Nama Kaesang jadi paling populer

Survei Pilkada Solo 2024: Wakil Gibran Teratas, Kaesang Lebih PopulerPeneliti Solo Raya Poling, Suwardi. (IDN Times/Larasati Rey)

Sedangkan untuk survei popularitas, nama Teguh Prakosa justru berada di nomor dua paling popularitas dengan angka 92,7 persen dan disusul Gusti Bhre dengan angka 78,5 persen. Sedangkan di posisi pertama terdapat nama Kaesang Pangarep dengan angka 92,9 persen.

Peneliti Solo Raya Poling, Suwardi yang juga Dosen di Universitas Slamet Riyadi (Unisri) tersebut mengatakan, jika popularitas dan elektabilitas merupakan dua hal berbeda.

"Untuk popularitas kita hanya sekedar menyodorkan 12 tokoh Solo yang sekiranya akan menjadi walon pemimpin Solo selanjutnya. Kemudian apakah responden mengenal sososk tersebut atau tidak, ternyata paling tinggi Mas Kaesang, disusul pak Teguh, kemudian Gusti Bhre," katanya, Selasa (26/3/2024).

Sedangkan untuk elektabilitas, pertanyaanya lebih menjurus. Yaitu jika Pilkada dilakukan pada saat dilakukan survei, siapa yang akan dipilih masyarkat.

"Dan ternyata nama Pak Teguh yang berada diatas. Disusul Gusti Bhre dan Mas Kaesang," imbuhnya.

3. Buat simulasi pasangan calon

Survei Pilkada Solo 2024: Wakil Gibran Teratas, Kaesang Lebih PopulerHasil survei SoloRaya Polling tentang Pilwalkot Solo 2024.(IDN Times/Larasati Rey)

Solo Raya Poling melakukan survei terhadap 640 responden dari 80 titik di 54 Kelurahan di Kota Solo.

Selain melakukan survei elektabilitas dan popularitas, Suwardi menyurvei kemungkinan pasangan calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota Solo.

Ia mengatakan, jika berdasar dari hasil koalisi dari pusat yakni Koalisi Indonesia Maju (KIM) Nama Gusti Bhre - Sekar Tanjung dimungkinkan untuk dicalonkan melalui Partai Golkar, Partai Gerindra, PAN, dan PSI. Sedangkan Teguh Prakosa - HM Mashuri dimungkinkan dipasangkan melalui PDIP dan PKB.

"Kendati demikian ini kan baru simulasi saja. Kita juga melakukan simulasi Teguh Prakosa dipasangkan dengan Sugeng Riyadi dari PKS, dan itu juga memungkinkan karena jumlah kursi mereka mencukupi," ungkapnya.

Namun, Suwardi mengatakan jika masuknya Gusti Bhre dalam bursa Walikota dianggap tidak sesuai dengan kaidah seoang kepada daerah. "Gusti Bhre itu kan sudah biasa dilayani karena Bangsawan, kalau menjadi kepada daerah kan melayani," pungkasnya.

Baca Juga: Kaesang hingga Anak Akbar Tanjung Masuk 12 Kandidat Pengganti Gibran

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya