Tuduhan Rocky Gerung Tiap Sabtu Didatangi Menteri, Gibran: Hoax

"Ya dibuktikan saja."

Intinya Sih...

  • Gibran Rakabuming Raka membantah dugaan penerimaan uang dari menteri-menteri
  • Gibran menyebut pernyataan Rocky Gerung sebagai berita bohong atau hoax
  • Ketua Umum FOKSI melaporkan Rocky Gerung ke Polda Metro Jaya terkait pernyataannya

Surakarta, IDN Times - Wakil presiden (Wapres) terpilih Gibran Rakabuming Raka merespons pernyataan pengamat politik Rocky Gerung soal dugaan pemberian uang oleh menteri-menteri kepada putra Presiden Joko "Jokowi" Widodo tersebut.

1. Gibran tegas membantah

Tuduhan Rocky Gerung Tiap Sabtu Didatangi Menteri, Gibran: HoaxWapres terpilih Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Menanggapi hal tersebut, Gibran secara tegas membantahnya, dan mempersilakan untuk membuktikan ucapan Rocky Gerung tersebut.

"Lah mana ada kayak gitu, ya dibuktikan saja kalau ada ya, terima kasih," ujar Gibran saat mendampingi blusukan paslon cawali dan cawawali Kota Solo, Respati Ardi-Astrid Widayani di Gilingan, Solo, Selasa (10/9/2024).

Baca Juga: Gibran Respon Laporan MAKI soal Gratifikasi Jet Pribadi Kaesang

2. Ungkap pernyataan tersebut adalah hoax

Tuduhan Rocky Gerung Tiap Sabtu Didatangi Menteri, Gibran: HoaxPengamat Politik, Rocky Gerung. (IDN Times/Larasati Rey)

Gibran juga mengatakan jika pernyataan tersebut merupakan berita bohong atau hoax yang dilontarkan oleh pengamat politik tersebut.

"Itu sudah distampel hoax," tegasnya.

Sebelumnya, Rocky Gerung secara terang-terangnya menyebutkan Gibran acap menerima uang dari para menteri yang berkunjung ke Solo. Hal tersebut saat menjadi pembicara di salah satu televisi swasta. Ia menyatakan pemberian uang oleh sejumlah menteri kepada Gibran saat masih menjadi Wali Kota Solo dilakukan setiap Sabtu. 

Rocky mengungkapkan bahwa Gibran pernah mendatanginya untuk belajar. Dalam kesempatan itu, Gibran acap curhat mengenai beberapa hal dengan Rocky, termasuk soal menteri bolak-balik datang ke Solo.

"Tapi yang menarik adalah di balik suasana bercanda-bercanda, dia (Gibran) terangkan, dia bercerita bahwa 'kan saya di Solo bolak balik menteri datang tuh," beber Rocky Gerung.

3. Rocky Gerung dilaporkan oleh FOKSI

Tuduhan Rocky Gerung Tiap Sabtu Didatangi Menteri, Gibran: HoaxPengamat Politik, Rocky Gerung. (IDN Times/Larasati Rey)

Dampak dari pernyataan pengamat politik tersebut, Ketua Umum DPP Forum Komunikasi Santri Indonesia (FOKSI) Muhammad Natsir Sahib melaporkan Rocky Gerung ke Polda Metro Jaya, Sabtu (7/9/2024).

"Saya selaku Ketua Umum DPP Forum Komunikasi Santri Indonesia memberikan laporan ini sebagai ungkapan rasa marah saya terhadap video yang diunggah, ataupun pernyataan Rocky Gerung," ujar Natsir di Polda Metro Jaya.

FOKSI melakukan pelaporan dan membatah pernyataan dari Rocky Gerung.

"Menurut saya ini tidak benar, dan itu mengandung sebuah narasi yang sangat buruk dan juga menekankan untuk melihat, seolah-olah mau mengamputasi kepercayaan publik terhadap Gibran," kata Natsir.

"Unsurnya adalah untuk menerapkan pencemaran nama baik. Tapi dari pasal pidana umumnya pencemaran nama baik 310 dan 311. Namun secara materiil pelapornya adalah harus yang bersangkutan, Gibran Rakabuming Raka," ujar Natsir.

Baca Juga: Daftar Lengkap Menteri Kunjungan ke Kota Surakarta, Ada 3 yang Sering

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya