Waduh! Ada 28 TPS di Solo Rawan Banjir, KPU Siapkan Strategi Ini

Total ada 6.863 pemilih terdaftar di daerah rawan banjir.

Surakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo mencatat dari total 1.773 tempat pemungutan suara (TPS) di Kpta Solo, sebanyak 28 TPS di antaranya dikatagorikan sebagai TPS rawan banjir. TPS tersebut berlokasi di kawasan rawan banjir di Kota Solo.

1. Total ada 28 TPS rawan banjir

Waduh! Ada 28 TPS di Solo Rawan Banjir, KPU Siapkan Strategi IniKetua KPU Solo Bambang Christanto. (IDN Times/Larasati Rey)

Ketua KPU Solo Bambang Christanto mengatakan total TPS rawan bencana sebanyak 28 TPS. Dimana 25 TPS di Kelurahan Joyotakan, dan tiga TPS di Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasarkliwon.

Bambang mengatakan jika ada intensitas hujan tinggi atau banjir saat pelaksanaan pencoblosan pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang. Untuk itu pihaknya segera melakukan antisipasi dengan melakukan koordinasi dengan steakhplder terkait.

"Mitigasi dengan beberapa stakeholder, mulai dari Bawaslu hingga pihak kepolisian terkait dengan lokasi yang rentan banjir," jelasnya Rabu (10/1/2024).

Baca Juga: KPU Banyumas Siapkan Dua Gudang Logistik Pemilu 2024

2. Siapkan lokasi cadangan untuk relokasi

Waduh! Ada 28 TPS di Solo Rawan Banjir, KPU Siapkan Strategi Iniinsertlive.com

Salah satu antisipasi banjir, Bambang menyiapkan sejumlah lokasi cadangan TPS di kawasan yang lebih aman. Bambang mengaku sudah mengecek beberapa toko atau gudang di sekitar TPS-TPS tersebut, untuk dijadikan alternatif lokasi TPS pengganti saat banjir mengancam.

“Jika nanti ada intensitas hujan yang sangat tinggi dan banjir, maka antisipasinya adalah segera pindah. Ini sudah dikoordinasikan dengan stakeholder terkait, baik pemilik toko, gudang, Polsek, rekan Bawaslu hingga PPK,” jelas Bambang. 

3. Total ada 6.863 pemilih di lokasi TPS rawan banjir

Waduh! Ada 28 TPS di Solo Rawan Banjir, KPU Siapkan Strategi IniSimulasi pemungutan suara di TPS 9 Desa Negari. (IDN Times/Wayan Antara)

Berdasarkan data KPU Solo menunjukkan, di 25 TPS Kelurahan Joyotakan terdapat 6.061 calon pemilih yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Adapun di Kelurahan Sangkrah, sebanyak tiga TPS itu akan mengakomodir pemungutan suara bagi 802 pemilih yang terdaftar. Total terdapat 6. 863 pemilih yang terdaftar di lokasi rawan banjir.

Total jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Kota Solo sebanyak 448.656 orang. Dengan jumlah total TPS sebanyak 1.773 yang tersebar di lima kecamatan di Kota Solo.

Baca Juga: ASN Dicopot! Deretan Pelanggaran Pemilu di Banyumas Selama 2023

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya