Dibantu Istri, Pasien Positif COVID-19 di Tegal Kabur Saat Diisolasi

Aksi mereka terekam CCTV rumah sakit

Tegal, IDN Times - Seorang pasien dalam pengawasan (PDP) yang sempat menjalani isolasi di RSI Harapan Anda Kota Tegal kabur dari rumah sakit. Kabar buruknya ia dinyatakan positif virus corona. 

1. Hasil swab tenggorokan positif COVID-19

Dibantu Istri, Pasien Positif COVID-19 di Tegal Kabur Saat Diisolasilavoixdunord.fr

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tegal, Muhamad Jumadi, Jumat (24/4).

“Informasi dari Tim Gugus Tugas, pasien laki-laki berusia 42 tahun yang dirawat di RSI Harapan Anda dan kemudian kabur hasil pemeriksaan swab tenggorokannya positif COVID-19,” kata Jumadi kepada sejumlah media melalui pesan Whatsapp Grup (WAG).

Pasien adalah warga Desa Brekat, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal. Dia mulai mendapat perawatan di RSI Harapan Anda pada Selasa 14 April 2020, dengan keluhan sakit kepala dan pingsan di dalam kamar mandi.

Baca Juga: 4 Aturan yang Wajib Ditaati Warga Tegal saat Penerapan PSBB

2. Pasien tidak demam, batuk dan sesak nafas

Dibantu Istri, Pasien Positif COVID-19 di Tegal Kabur Saat DiisolasiIDN Times/Muchammad Haikal

Pasien yang berprofesi sebagai seorang sopir di Ibu Kota Jakarta itu dimasukkan ke Ruang Intermediate, lantaran Ruang Isolasi penuh. Dari diagnosis visit dokter penyakit dalam, pasien tidak ada batuk, panas dan sesak. Namun, dari gambaran rontgen dada, ada gambaran bronkitis dan penyakit penyerta, diabetes melitus.

“Diagnosis PDP saat itu, diabetes melitus dan cefalgia (nyeri kepala). Kemudian, tanggal 15 dan 16 April 2020 diambil swab, belum ada hasil,” terang Jumadi.

3. Proses melarikan diri pasien terekam CCTV

Dibantu Istri, Pasien Positif COVID-19 di Tegal Kabur Saat Diisolasishutterstock.com

Pada Sabtu, 18 April 2020, sambung Jumadi, pasien meminta pulang dengan ancaman mogok makan lantaran tidak betah dan mau bunuh diri. Setelah diberikan edukasi oleh perawat dan dokter, pasien berhasil dibujuk untuk tetap bertahan menjalani perawatan.

Nahas, sekitar pukul 19.30 WIB pasien sudah tidak berada di ruang perawatan dan infus sudah tercabut. Petugas melihat CCTV dan ternyata pasien kabur dibantu istrinya. 

Baca Juga: 4 Aturan yang Wajib Ditaati Warga Tegal saat Penerapan PSBB

4. Pasien ditemukan Polisi dan dirawat di RSUD Suradadi

Dibantu Istri, Pasien Positif COVID-19 di Tegal Kabur Saat DiisolasiIDN Times/ Muchammad

Saat didatangi ke kediamannya, petugas medis tidak mendapati pasien ada di rumah.

“Hari Minggu pagi, pihak rumah sakit dihubungi Polisi dan memberi kabar bahwa pasien telah ditemukan dan bersedia dirawat kembali. Siangnya, dia dibawa ke RSUD Suradadi,” tegas Jumadi menceritakan kronologi tersebut.

Hingga akhirnya, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Tegal menerima kabar terbaru, bahwa hasil swab tenggorokan pasien tersebut positif virus corona.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya