Lansia dan Petani Ikut Coblos Pemilu 2024 di TPS 15 Malabar Cilacap

#GenZMemilih Para lansia didampingi petugas TPS saat nyoblos

Pelaksanaan pemilu pada hari Rabu (14/2/2024) di TPS 15 Desa Malabar, Cilacap, Jawa Tengah berlangsung lancar dan tertib. Warga desa yang sebagian besar merupakan petani melaksanakan pemilu dengan penuh antusias.

Tidak mau kalah dengan kaum muda, para lansia di Dusun Rejamulya juga ikut nyoblos calon pemimpin yang sesuai dengan kata hatinya. Mari simak kabar pelaksanaan pemilu warga Dusun Rejamulya yang bertempat di TPS 15 Desa Malabar, Cilacap, Jawa Tengah berikut ini!

1. Warga bergotong-royong mendekorasi dan mempersiapkan TPS 15 Desa Malabar

Lansia dan Petani Ikut Coblos Pemilu 2024 di TPS 15 Malabar CilacapPelaksanaan pemilu di TPS 15, Dusun Rejamulya, Desa Malabar, Cilacap (dok.pribadi/Nunung Nuraeni)

Warga melaksanakan pemilu di TPS 15, yang bertempat di Balai Dusun Rejamulya, Desa Malabar, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. TPS tersebut diperuntukkan untuk warga RT 01, RT 02, dan RT 03 Dusun Rejamulya.

Sebelum pemilu berlangsung, warga bergotong-royong mendekorasi balai dusun dan mempersiapkannya untuk dijadikan sebagai TPS. Balai dusun tersebut sering digunakan sebagai pusat berkumpul warga dan dimanfaatkan warga untuk kepentingan bersama.

Baca Juga: Nyoblos di TPS 02, Nana Sudjana Ngaku Jadi Pemilih Pemula

2. Pelaksanaan pemilu mulai dibuka pada pukul 07.00 WIB

Lansia dan Petani Ikut Coblos Pemilu 2024 di TPS 15 Malabar CilacapPelaksanaan pemilu di TPS 15, Dusun Rejamulya, Desa Malabar, Cilacap (dok.pribadi/Nunung Nuraeni)

Warga Dusun Rejamulya terlihat sudah bersiap untuk melaksanakan pemilu sedari pagi. Mereka dengan berpakaian rapih mengajak tetangganya untuk berangkat bersama menuju TPS dengan berjalan kaki.

Para petugas TPS telah bersiap di tempatnya masing-masing. Pelaksanaan pemilu pun dibuka mulai pukul 07.00 WIB. Petugas TPS sigap memberikan arahan kepada warga yang akan mencoblos.

3. Lansia yang kebingungan didampingi oleh petugas TPS

Lansia dan Petani Ikut Coblos Pemilu 2024 di TPS 15 Malabar CilacapPelaksanaan pemilu di TPS 15, Dusun Rejamulya, Desa Malabar, Cilacap (dok.pribadi/Nunung Nuraeni)

Pemilu di Dusun Rejamulya diikuti oleh semua kalangan, termasuk Lansia. Kebanyakan dari Lansia mengaku grogi saat melakukan pencoblosan, karena daya penglihatan mereka yang mulai berkurang akibat faktor usia. Salah satu warga yang kebingungan saat nyoblos yaitu Carni. 

"Mata sata tidak bisa melihat tulisan kecil dengan jelas, jadi tadi sempat bingung saat nyoblos", begitu kata Carni, ketika ditanya mengenai proses pencoblosan di TPS. "Kalau nyoblos presiden saya bisa karena ada fotonya", Lanjut Carni.

Lansia yang memiliki kendala saat proses pencoblosan diarahkan dan didampingi oleh petugas TPS. Warga yang memiliki gangguan kesehatan tapi memutuskan untuk datang ke TPS juga diprioritaskan oleh petugas untuk mencoblos terlebih dahulu.

4. Warga kembali beraktivitas seperti biasa setelah melaksanakan pemilu

Lansia dan Petani Ikut Coblos Pemilu 2024 di TPS 15 Malabar Cilacappotret Carni, salah astu pemilih setelah melaksanakan pemilu (dok. pribadi/Nunung Nuraeni)

Pelaksanaan pemilu di TPS 15 Desa Malabar berjalan dengan tertib dan lancar. Warga yang telah selesai melakukan pencoblosan, kembali ke rumah dan melakukan aktivitasnya masing-masing. Sebagai besar warga Dusun Rejamulya berprofesi sebagai petani dan buruh tani. Mereka memilih datang ke TPS lebih awal agar bisa kembali bekerja.

Warga Dusun Rejamulya menyadari pentingnya pemilu dan aktif mengikuti perkembangan kabar politik yang sedang berlangsung. Mereka berharap pemimpin yang terpilih kelak dapat membawa masyarakat menuju sejahtera. 

Baca Juga: TPS Unik Tema Asri dan Sejuk di Semarang Bawa Pesan Pemilu 2024 Damai

NN_Phorto Photo Community Writer NN_Phorto

Correct me if i wrong

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Izza Namira
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya