Comscore Tracker

Banjir dan Longsor Kepung Pati, Puluhan Rumah Warga Terendam 

Sejumlah wilayah di Pati diterjang bencana

Pati, IDN Times - Sejumlah bencana alam terjadi di wilayah Kabupaten Pati pada Kamis (20/2). Mulai dari banjir dan tanah longsor ke Kota Pati Bumi Minta Tani ini.

Baca Juga: Jalur Pantura Jateng Terendam Banjir, 1200 Warga Pekalongan Mengungsi

1. Sembilan desa di Pati terdampak banjir

Banjir dan Longsor Kepung Pati, Puluhan Rumah Warga Terendam Dok. Istimewa

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati ada sebanyak sembilan desa di Pati yang terdampak banjir. Desa itu meliputi Desa Taman sari Kecamatan Tlogowungu, Desa Bapoh Kecamatan Tlogowungu, Dukuh Cangkring desa Widorokandang Kecamatan Pati, Kelurahan Pati Wetan Kec Pati.

Berikutnya juga Dukuh Setulan  Desa Sugiharjo Kec Pati, Desa Dengkek Kecamatan Pati, Desa Sinoman Kecamatan Pati , Desa Banyutowo Kecamatan Dukuhseti, Desa Bapoh kec Wedarijaksa,  Kabupaten pati.

Sementara untuk kejadian tanah longsor terjadi di Desa Gunungsari RT 1 RW 1 Kecamatan Trangkil. Tanah longsor ini dengan ketinggian lima meter dan panjang delapan meter. Tanah longsor ini merupakan jalan desa.

2. Tiga desa yang paling parah terendam banjir

Banjir dan Longsor Kepung Pati, Puluhan Rumah Warga Terendam Dok. Istimewa

Kasi Kedaruratan pada BPBD Pati Luthfi Mudawam menjelaskan, Kamis (20/2) terjadi banjir dan tanah longsor. Kemudian banjir juga terjadi di Desa Widorokandang Kecamatan Pati, rumah warga yang terdampak ada sebanyak 60 rumah.

“Sekitarnya ada lima RT yang terdampak. Ini dengan ketinggian 30-40 cm,” kata dia saat dihubungi, Kamis (20/20).

Kemudian untuk dukuh Setulan  Desa Sugiharjo Kecamatan Pati ada sebanyak 12 rumah warga yang terdampak. Air dengan ketinggi 45 cm. Di Desa Dengkek Kecamatan Pati rumah yang tergenang ada sebanyak 10 rumah. Ketinggiam air 20 cm, di jalan desa 40 cm.

“Triwil RT 4 TW 1 desa Sinoman  menggenangi persawaan 5 Hektar tanaman Padi Muda,” ungkapnya.

Lanjut dia, ada pula kejadian tanggul jebol di Desa Sinoman Kecamatan Pati. Kerugian tanggul ini mencapai Rp50 juta. Tidak ada korban jiwa.

3. Polisi dan TNI bantu warga terdampak banjir

Banjir dan Longsor Kepung Pati, Puluhan Rumah Warga Terendam Dok. Istimewa

Ditambahkan dia, pada hari Kamis ini diketahui curah hujan di sejumlah wilayah terutama di Pati turun hujan dengan intensitas tinggi. “Warga diimbau agar selalu waspada . Jangan membuang sampah di sembarang tempat,” tandas dia.

Terpisah, bencana banjir yang melanda di Pati membuat pihak Polisi untuk membantu warga yang terdampak. Hal ini seperti di Jalan Pati – Tayu yang juga terendam banjir. Banyak kendaraan pengendara motor yang mogok akibat tingginya air.

Kapolsek Pati Iptu Sahlan mengatakan, pihaknya telah membantu warga yang terdampak banjir. Ini seperti kendaraan warga yang mogok karena banjir.

“Dari unsur polisi dan TNI bantu warga seperti kendaraan yang macet akibat genangan banjir,” tambahnya.

Baca Juga: Tanggul Sungai Piji Jebol, Ratusan Rumah Warga Kudus Terendam Banjir

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya