Comscore Tracker

Sempat Kontak Dengan Mbah Roso, 9 Wartawan di Pati Isolasi Mandiri

Dukung pemkab tangani COVID-19

Pati, IDN Times – Sembilan wartawan di Pati sebelumnya ikut serta dalam kegiatan almarhum Imam Suroso anggota DPR RI yang meninggal dunia dirawat di rumah sakit sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19 sudah mengisolasi diri secara mandiri.   Kesembilan wartawan itu tengah melakukuan karantina.

Sebelum berpulang, Imam Suroso diketahui melakukan sejumlah kegiatan di ruang publik dan bersinggungan dengan banyak orang, salah satunya di Pasar Puri Baru, Pati pada 20 Maret 2020 siang.  

Kegiatan di Pasar Puri Baru berupa pembagian masker dan hand sanitizer kepada pedagang dan masyarakat yang kebetulan berada di lokasi tersebut. Dalam kesempatan itu, sebanyak sembilan wartawan dari berbagai media ikut melakukan peliputan.   

Baca Juga: Ini Kronologi Lengkap Meninggalnya Anggota DPR RI Mbah Roso

1. Sembilan wartawan lakukan karantina mandiri

Sempat Kontak Dengan Mbah Roso, 9 Wartawan di Pati Isolasi MandiriDok. PWI Pati

Ketua Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pati, Moch Noor Efendi menuturkan bahwa kesembilan wartawan telah melakukan karantina mandiri. Yakni dengan menjaga jarak dengan keluarga dan siapa pun begitu mengetahui informasi Imam Suroso berstatus PDP virus corona.

“PWI Pati dalam hal ini mendukung   penuh   langkah   Pemkab   Pati   melalui   Gugus   Tugas   Percepatan Penanganan COVID-19 dalam melakukan penelusuran kontak (contact tracing) secara menyeluruh,” terang dia dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times pada Minggu (29/3).

2. Minta pemkab fasilitasi rapit test kepada wartawan dan warga yang sebelumnya kontak dengan Mbah Roso

Sempat Kontak Dengan Mbah Roso, 9 Wartawan di Pati Isolasi MandiriIDN Times/Yogi Pasha

Dia meminta kepada meminta Pemkab Pati melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk memberi  perhatian  serius  terhadap  wartawan  yang  sempat  melakukan  kontak dengan Imam Suroso. Termasuk memfasilitasi mereka dengan memprioritaskan pemeriksaan COVID-19, salah satunya melalui rapid test.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menyerukan  kepada  seluruh  anggota  PWI  Pati  untuk  berdiam  di  rumah  dengan menerapkan work from home. Jika terdapat keperluan atau peliputan mendesak yang mengharuskan turun ke lapangan, wajib memerhatikan petunjuk dan protokol kesehatan secara disiplin.

“Salah satunya melengkapi dengan melengkapi alat pelindung diri (APD) yang memadai,” ujar dia.

3. Berharap COVID-19 segera hilang

Sempat Kontak Dengan Mbah Roso, 9 Wartawan di Pati Isolasi Mandiriinstagram.com/idntimes

Ditambahkan, tidak lupa untuk mengajak   anggota   PWI   Pati  untuk   saling   menjaga  dan  mengingatkan  untuk memperkuat rasa solidaritas dalam hubungan antarmanusia, antarprofesi, dan penegakan profesionalitas. Saling memberi pertimbangan tentang kondisi atau momen yang harus diliput dan yang harus dihindari.

“Semoga bencana yang menimpa bangsa ini segera reda dan kondisi dapat normal seperti semula. Selain ihtiar maksimal, kami juga mengajak semua anggota PWI Pati dan masyarakat untuk semakin mendekatkan diri kepada Tuhan dengan tidak sedikit pun mengurangi ibadah serta berdoa,” pungkas dia.

Baca Juga: 10 Potret Bakti Sosial Mbah Roso Anggota DPR RI Sebelum Meninggal

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya