Sutopo Terima Duit Usai Temukan Fosil 2,5 Meter di Situs Patiayam

Tali asih Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran

Kudus, IDN Times - Puluhan warga di Desa Terban Kecamatan Jekulo, Kudus menerima tali asih atas penemuan fosil di situs Patiayam pada Jumat (13/3). Bahkan atas temuan fosil sepanjang 2,5 meter, salah satu warga mendapatkan tali asih sebesar Rp2 juta.

Hal tersebut seperti yang dirasakan Sutopo warga Desa Terban. Dia sebelumnya menemukan fosil pada Sabtu (7/3) kemarin. Fosil sepanjang 2,5 meter ditemukan di situs Patiayam di Desa Gondoharum Kecamatan Jekulo.

Baca Juga: Warga Mengira Balung Buto, Kisah Berdirinya Museum Purbakala Patiayam

1. Awalnya melihat gundukan tanah berwarna hitam

Sutopo Terima Duit Usai Temukan Fosil 2,5 Meter di Situs PatiayamIDN Times/Aji

Pada hari, Jumat (13/3) di balai Desa Terban dia bersama puluhan warga lainnya menerima tali asih dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran. Dia mengaku mendapatkan tali asih sebesar Rp2 juta.

“Alhamdulillah saya sebagai masyarakat biasa berterima kasih mendapatkan tali asih atas penemuan fosil,” kata dia kepada wartawan di Kudus.

Sutopo menceritakan awalnya menemukan fosil itu saat madu di kawasan Desa Gondoharum. Kemudian dia melihat ada tanah yang berwarna hitam. Dia menduga bahwa tanah itu adalah berupa fosil.

2. Sutopo temukan fosil gading gajah purba sepanjang 2,5 meter

Sutopo Terima Duit Usai Temukan Fosil 2,5 Meter di Situs PatiayamIDN Times/Aji

Betul saja, ketika digali dengan ke dalam sekitar satu meter dia berhasil menemukan fosil gading gajah sepanjang 2,5 meter. Selanjutnya, gading itu kemudian diserahkan oleh Museum Purbakala Patiayam.

Dody Wiranto Kasi Perlindungan pada BPSMP Sangiran mengatakan, pihaknya ada kewajiban untuk memberikan tali asih kepada masyarakat yang menemukan fosil. Ini sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat yang turut juga melestarikan benda purbakala tersebut.

“Kami lihat kejujuran warga yang menemukan. Dengan memang diatur dalam undang-undang warga yang menemukan fosil mendapatkan semacam tali asih,” kata dia.

3. Temuan fosil selanjutnya akan dilakukan identifikasi

Sutopo Terima Duit Usai Temukan Fosil 2,5 Meter di Situs PatiayamIDN Times/Aji

Langkah kedepan, lanjut dia fosil yang ditemukan Sutopo bersama warga lainnya akan dilakukan identifikasi. Lalu akan dicatat dalam catatan pemerintah.

“Lalu juga kita akan bersihkan kemudian kita awalkan untuk menjadi informasi yang bisa dipahami oleh pengunjungnya nanti,” tegasnya.

Sementara itu, Kabid Kebudayaan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus Sutiyo mengatakan, sebelumnya dari pemerintah Kabupaten Kudus juga memberikan tali asih kepada warga. Namun nominalnya tidak sebesar dari tali asih yang diberikan oleh BPSMP Sangiran.

Oleh karena itu, dia berharap kedepannya semakin baik. Museum Purbakala Patiayam semakin baik juga. “Kami juga ucapkan terima kasih kepada BPSMP Sangiran karena telah membantu di Museum Patiayam ini,” tandas dia.

Sementara itu, selain penemuan fosil gading gajah oleh Sutopo, puluhan warga Desa Terban juga menemukan fosil. Seperti tulang rusuk, gading gajah, gigi hewan, serta tulang belakang. Mereka warga yang menemukan mendapatkan tali asih dengan nominal yang beragam. Nominal itu sesuai dengan fosil temuannya.

Baca Juga: Lima Fosil Hewan Purba Ditemukan Dekat Museum Patiayam Kudus 

Topik:

  • Bandot Arywono
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya