Agus Prayogo Raih Medali Emas Pertama Atletik di SEA Games 2019

Sempat terkendala medan yang berat dan cuaca

Semarang, IDN Times - Indonesia kembali meraih medali emas pada gelaran SEA Games 2019, Jumat (6/12). Adalah Agus Prayogo atlet lari Indonesia yang mempersembahkan emas di nomor marathon SEA Games 2019 yang digelar di Stadion Atletik New Clark City, Clark, Filipina.

Baca Juga: 5 Hal Tentang Atlet Agus Prayogo, Tentara dengan Segudang Prestasi

1. Selesaikan lomba sepanjang 42 Km

Agus Prayogo Raih Medali Emas Pertama Atletik di SEA Games 2019Pelari Indonesia Agus Prayogo ( ANTARA FOTO/INASGOC/M Agung Rajasa)

Agus Prayogo menyabet medali emas SEA Games 2019 setelah menyelesaikan lomba sepanjang 42km itu dalam waktu dua jam 26 menit 48 detik.

Agus Prayogo kemudian mengibarkan bendera Merah Putih di atas pundaknya jelang garis finis.

2. Berharap bisa memotivasi para atlet Indonesia lainnya

Agus Prayogo Raih Medali Emas Pertama Atletik di SEA Games 2019Instagram/ agusprayogo21

Agus menyambut gembira dengan prestasi yang ditorehkannya tersebut. "Saya senang sekali kembali menyumbangkan medali emas untuk Indonesia," kata Agus usai lomba seperti dilansir dari Antara.

Agus berharap medali emas pertama dari cabang atletik ini bisa memotivasi atlet dari cabang atletik lainnya untuk menyumbangkan medali.

"Ini adalah medali emas pertama saya buat marathon dan medali emas pertama atletik mudah-mudahan ini jadi motivasi untuk teman-teman atletik bisa menyumbangkan medali emas untuk Indonesia."

Atlet Thailand Sanchai Namkhet finis kedua 30 detik berselang untuk medali perak. Muhaizar Mohamad dari Malaysia finis lima menit 50 detik kemudian untuk melengkapi podium dengan medali perunggu.

Atlet Indonesia lainnya Welman David Pasaribu finis keempat dengan selisih enam menit 59 detik dari catatan waktu Agus.

Sementara itu di nomor marathon putri Odekta Elfina Naibaho gagal mengamankan medali setelah emas jatuh ke tangan Christine Hallasgo dari Filipina, sedangkan perak diraih kompatriot senegara Mary Joy Tabal. Perunggu direbut Hong Li Pham Ti dari Vietnam.

3. Sempat terkendala jalan dan juga kondisi cuaca

Agus Prayogo Raih Medali Emas Pertama Atletik di SEA Games 2019Agus Prayogo, pelari Indonesia di Asian Games 2018 ( ANTARA FOTO/INASGOC/M Agung Rajasa)

Tantangan terbesar bagi peraih emas lari 10000m SEA Games 2015 ketika turun di Filipina adalah kondisi jalan yang sebagian besar terdiri dari lantai beton.

"Bukan aspal. Otomatis lebih berat dan menantang buat kaki saya."

"Lalu cuaca, kelembapan tinggi sekali. Start 05.45 waktu setempat, matahari sudah keluar dan sangat panas."

"Alhamdullilah target di maraton bisa tercapai emas. Di 10 ribu dan 5 ribu semoga bisa memberikan yang terbaik."

Baca Juga: Emas ke-29 Indonesia di SEA Games 2019 Disumbangkan Agus Prayogo!

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya