5 Cara Merawat Sepatu Olahraga Supaya Tahan Lama Gak Rusak, Praktis!

Buat kamu yang senang berolahraga

Sepatu olahraga merupakan benda wajib yang digunakan para penggemar olahraga. Hampir seluruh kegiatan olahraga memakai sepatu olahraga. Cukup banyak jenis dan model sepatu olahraga, dari yang murah hingga mahal tergantung kualitas. Bagi para penyuka olahraga, sepatu olahraga menjadi bagian yang sangat penting.

Namun, mungkin ada beberapa orang yang masih bingung untuk merawat sepatu olahraganya. Untuk menjawab rasa penasaranmu, berikut ini beberapa panduan untuk merawat sepatu olahraga agar tahan lama. Yuk, simak sampai tuntas!

1. Ganti tali sepatu secara rutin

5 Cara Merawat Sepatu Olahraga Supaya Tahan Lama Gak Rusak, Praktis!ilustrasi tali sepatu olahraga (pexels.com/Karolina Grabowska)

Tali sepatu menjadi bagian pertama yang harus kamu perhatikan. kerusakan yang sering ditemui pertama kali adalah bagian tali sepatu. Karena terlalu sering digunakan, warna tali sepatu olahraga bisa berubah warna dan pudar. Jika warna tali sepatu telah berubah, ini bisa membuat tampilan sepatu olahragamu menjadi kurang menarik.

Agar tetap terlihat baru, usahakan untuk rutin mengganti tali sepatu olahragamu. Mengganti tali sepatu olahraga bisa membuat tampilan sepatumu tetap bagus dan menarik. Jika kamu ingin mencoba untuk mengikat tali sepatu dengan pola yang baru, kamu bisa melihat beberapa tutorial yang ada di internet, lho. 

2. Hindari sepatu olahraga dari air hujan

5 Cara Merawat Sepatu Olahraga Supaya Tahan Lama Gak Rusak, Praktis!ilustrasi sepatu terkena air hujan (pexels.com/Dominik Martin)

Jangan mengabaikan sepatu olahraga yang terkena air hujan. Ini bisa membuat kerusakan yang besar pada sepatumu. Meskipun sepatu olahraga memang dirancang untuk berolahraga, tetapi gak semua bahan sepatu tahan terhadap air, ya, guys. Beberapa produsen membuat sepatu olahraga dengan bahan tahan air dan bahan tidak tahan air.

Perlu diingat, sebaiknya kamu hindari memakai sepatu olahraga saat hujan turun. Hal ini membuat kualitas sepatu olahragamu menurun. Lebih parahnya sepatu olahraga yang sering terkena air hujan bisa membuat sepatu mengeluarkan aroma yang tidak sedap, bau tidak sedap ini dihasilkan dari kondisi sepatu yang lembab. 

Baca Juga: 5 Titik Memakai Parfum Agar Wanginya Tahan Lama

3. Bersihkan sepatu olahraga dengan benar

5 Cara Merawat Sepatu Olahraga Supaya Tahan Lama Gak Rusak, Praktis!ilustrasi membersihkan sepatu olahraga (pixels.com/Deybson Mallony)

Jika sepatu olahraga telah selesai digunakan, segeralah untuk membersihkannya dengan hati-hati. Gunakan sikat atau kain lembut untuk membersihkannya, usahakan jangan terlalu menyikat sepatu terlalu kuat agar tidak merusak sepatu. Jika ada noda yang susah dihilangkan, kamu bisa menambahkan sedikit sabun atau deterjen untuk membersihkannya.

Ingat, jangan terlalu sering membiarkan noda dan kotoran yang menempel pada sepatu olahragamu terlalu lama. Hal ini membuat sepatu olahragamu semakin sulit untuk dibersihkan. Jadi, sebaiknya langsung dibersihkan, ya.

4. Gunakan penjaga bentuk sepatu olahraga

5 Cara Merawat Sepatu Olahraga Supaya Tahan Lama Gak Rusak, Praktis!ilustrasi menegakan sepatu olahraga (pexels.com/Dayvison Tadeu)

Alat penjaga bentuk sepatu menjadi benda yang cukup penting. Terlalu sering menggunakan sepatu olahraga membuat bentuk sepatu bisa berubah. Untuk sepatu yang mudah melengkung, alat penjaga bentuk sepatu ini tentunya sangat membantu bagi sepatu olahragamu.

Selain itu, penggunaan alat penjaga bentuk sepatu ini bisa mengurangi kerutan atau lipatan yang terbentuk pada sepatu olahraga. Alat ini sangat ampuh untuk menjaga penampilan sepatu olahraga kamu tetap rapih dan tahan lama. 

5. Simpan sepatu olahraga saat tidak digunakan

5 Cara Merawat Sepatu Olahraga Supaya Tahan Lama Gak Rusak, Praktis!ilustrasi sepatu olahraga disimpan di rak sepatu (pixabay.com/Hans)

Saat sepatu olahraga sedang tidak digunakan, sebaiknya simpan dengan baik. Hindari menyimpan sepatu olahraga pada suhu yang lembab, ini bisa membuat sepatu olahraga kamu menjadi berjamur dan bau. Simpan sepatu olahraga ditempat yang kering dan sejuk. Gunakan alas penyimpanan atau rak sepatu agar terlihat rapi.

Agar lebih awet, sebaiknya kamu memiliki sepatu olahraga cadangan. Untuk menghindari pemakaian sepatu olahraga yang berlebihan, cadangan sepatu olahraga ini bisa kamu pakai bergantian saat sepatu yang lainnya sedang dibersihkan.

Merawat sepatu olahraga gak terlalu sulit, kamu hanya perlu meluangkan waktu sebentar. Dengan perawatan yang tepat, sepatu olahragamu akan tetap terlihat menarik, nyaman dipakai, dan tahan lama. Jadi, jangan malas untuk merawatnya dengan baik ya, guys. 

Baca Juga: 10 Tips Merawat Buku agar Awet dan Tidak Mudah Usang, Yuk!

Dina Pradiska Photo Community Writer Dina Pradiska

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya