Sebulan Jelang APG 2022, SK Pengangkatan Ketua INASGOC Belum Keluar

Tak menganggu persiapan penyelanggaran APG 2022.

Surakarta, IDN Times - Surat Keputasan (SK) pengangkatan Ketua Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) XI Asean Paragames (APG) 2022 ternyata masih belum keluar. Hal tersebut disampaikan oleh Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga: Rajamala Jadi Maskot, Gunungan dan Keris Logo ASEAN Para Games 2022

1. Belum terima SK pengangkatan.

Sebulan Jelang APG 2022, SK Pengangkatan Ketua INASGOC Belum KeluarLogo 11th Asean Paragames 2022. (Dok/Istimewa)

Gibran mengatakan hingga saat ini dirinya belum menerima (SK) pengangkatan dirinya sebagai ketua INASGOC XI Asean Paragames 2022 dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia justru mempertanyakan kapan SK tersebut bisa keluar, mengingat event Asean Paragames sebentar lagi digelar.

"Kemarin udah dirilis logo dan maskotnya, tapi SK ne belum metu kok," katanya Rabu (15/06/2022).

Event XI Asean Paragames 2022 sendiri rencananya akan digelar pada tanggal 30 Juli hingga 6 Agustus 2022. ASEAN Para Sports Federation (APSF) sendiri telah menyerahkan bendera APSF kepada Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka pada Senin (11/05/2022) lalu.

2. Tunggu pengesahan Perpres.

Sebulan Jelang APG 2022, SK Pengangkatan Ketua INASGOC Belum KeluarPresiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Sementra itu, Sekretaris Jenderal National Paralympic Comittee (NPC) Indonesia Rima Ferdianto mengatakan saat ini SK pengangkatan tersebut saat ini posisinya sudah berada diterima oleh Istana Negara, hal tersebut dikatakan usai melakukan konfirmasi dengan Sekretariat Negara (Setneg) terkait SK pengangkatan tersebut.

Rima menjelaskan jika pengangkatan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka harus melalui Peraturan Presiden (Perpres). Lantaran akan berkaitan langsung dengan
pendanaan yang menjadi tanggung jawab Pemerintah dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan dialokasikan dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran satuan kerja sementara Panitia Nasional INASGOC dan kementerian/lembaga.

"Ketentuannya sudah lewat perpes itu, tapi kalau yang untuk khusus Mas Wali sebagai ketua panitia itu kan lewat Perpres kemarin saya denger dari Setneg itu sudah naik ke Pak Presiden dan mudah-mudahan minggu ini sudah keluar," jelasnya.

"Kalau pengajuan sudah lama banget, kan Perpes itu harus ditanda tangani terkait banyak sekali harus di paraf banyak sekali kemudian sudah selesai diparaf, baru ditanda tangani oleh Presiden. Nah ini saya dengar kabarnya dari Setneg semua menteri sudah paraf semua jadi sudah di tingkat Presiden, mudah-mudahan ya Minggu ini sudah selesai," imbunya.

3. Tak ganggu persiapkan Asean Paragames 2022.

Sebulan Jelang APG 2022, SK Pengangkatan Ketua INASGOC Belum KeluarIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Lebih lanjut Rima menambahkan meski SK Ketua INASGOC belum keluar, namun hal tersebut tidak menganggu persiapan XI Asean Paragames 2022. Bahkan sejumlab venue pertandingan juga masih terus dipersiapkan.

"Ini delapam venue sudah dikebut semua oleh PUPR. Mereka optimis akhir bulan ini atau awal bulan depan sudah selesai semua," katanya.

Usai ditandatangai SK Pengangkatan Ketua INASGOC, sejumlah event sudah menunggu untuk digelar. Diantaranya launching logo, launching maskot, dan juga torch relay api obor Asean Paragames XI.

Baca Juga: FIFA Cek Stadion Manahan Solo, Rumput dan Alat Pendukung Masih Kurang

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya