5 Pemain Termahal yang Dijual Ajax Amsterdam ke Klub Liga Inggris

Arsenal resmi mendatangkan Jurrien Timber

Ajax Amsterdam merupakan salah satu klub top yang berkompetisi di kasta teratas Liga Belanda. Mereka memang dikenal kerap memberikan menit bermain reguler kepada pemain muda. Alhasil, mereka tampil apik dan diincar klub top Eropa lainnya. 

Ajax Amsterdam berhasil meraih keuntungan berkat penjualan para pemainnya. Ada beberapa pemain yang dijual ke klub Premier League. Berikut lima pemain termahal yang dijual Ajax ke klub Premier League. 

1. Antony

5 Pemain Termahal yang Dijual Ajax Amsterdam ke Klub Liga InggrisAntony (instagram.com/antony00)

Antony masih memegang rekor pemain termahal yang dijual Ajax Amsterdam ke klub Premier League. Pemain berkebangsaan Brasil ini hengkang pada musim panas 2022. Ia dibeli oleh Manchester United pada musim tersebut. 

Nilai transfernya mencapai 98 juta euro atau Rp1,65 triliun. Namun, sang pemain belum menemukan permainan terbaiknya di musim debutnya bersama Manchester United. Ia masih membutuhkan waktu untuk tampil apik di Manchester United. 

2. Lisandro Martinez

5 Pemain Termahal yang Dijual Ajax Amsterdam ke Klub Liga InggrisLisandro Martinez (manutd.com)

Lisandro Martinez merupakan bek andalan yang dimiliki oleh Timnas Argentina. Sang pemain memilih hengkang dari Ajax ke Manchester United pada musim panas 2022. Ia ditebus dengan biaya 59 juta euro atau Rp997 miliar. 

Keputusan Manchester United merekrutnya berujung manis. Lisandro Martinez berhasil tampil apik di lini belakang Manchester United. Sayang, ia harus menepi lantaran cedera pada April 2022 lalu. Ia menepi hingga musim 2022/2023 berakhir. 

Baca Juga: 12 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 7 di MU, Ada Mason Mount

3. Davinson Sanchez

5 Pemain Termahal yang Dijual Ajax Amsterdam ke Klub Liga InggrisDavinson Sanchez (tottenhamhotspur.com)

Davinson Sanchez bergabung ke Ajax Amsterdam pada musim panas 2016. Pada musim itu, ia masih berusia 20 tahun. Meski begitu, ia langsung menunjukkan performa apiknya di Ajax Amsterdam. Ia hanya bertahan selama semusim di klub Belanda tersebut. 

Pada musim panas 2017, Davinson Sanchez diboyong oleh Tottenham Hotspur. Pemain berposisi bek tengah ini ditebus dengan mahar 43 juta euro atau Rp730 miliar. Sang pemain masih aktif berkarier di Tottenham Hotspur hingga musim 2022/2023. 

4. Jurrien Timber

5 Pemain Termahal yang Dijual Ajax Amsterdam ke Klub Liga InggrisJurrien Timber (arsenal.com)

Jurrien Timber merupakan pemain yang berasal dari akademi Ajax Amsterdam. Ia bisa tampil mengisi posisi bek tengah. Ia dipromosikan ke tim utama pada musim panas 2020. Ia langsung jadi andalan di skuad senior Ajax Amsterdam.

Selama membela Ajax Asmterdam, ia mencatatkan 121 pertandingan dengan mencetak 6 gol dan 4 assist. Penampilan apiknya membuat ia jadi incaran klub top Eropa lain. Pada musim panas 2022, Arsenal berhasil menebusnya dengan biaya 41 juta euro atau Rp695 miliar. 

5. Hakim Ziyech

5 Pemain Termahal yang Dijual Ajax Amsterdam ke Klub Liga InggrisHakim Ziyech (premierleague.com)

Hakim Ziyech memiliki catatan impresif kala berseragam Ajax Amsterdam. Pemain yang telah bergabung pada musim panas 2016 ini menjadi andalan di lini depan Ajax. Ia menorehkan 165 pertandingan dengan mencetak 49 gol dan 81 assist.

Melihat performa apiknya, ia diboyong Chelsea pada musim panas 2020. Untuk mendapatkan sang pemain, The Blues rela membayar 41 juta euro atau Rp695 miliar. Ia sukses memenangkan sejumlah trofi selama membela Chelsea. 

Ajax Amsterdam menjadi klub yang cocok untuk mengembangkan potensi pemain muda. Mereka memiliki akademi yang baik untuk membina pemain potensial. Patut dinantikan kiprah Jurrien Timber di Premier League bersama Arsenal. 

Baca Juga: 5 Pemain yang Bergabung ke Tottenham Hotspur pada Musim Panas 2023

Ainur Rizki Photo Community Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya